Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Trip to Niah National Park, Miri, Malaysia [26 Oct 2014]

Sebenernya telat pake banget baru mau ulas trip ke niah sekarang.. Tapi, apa mau dikata akhir-akhir ini lagi super sibuk, sibuuk nyelesaiin penelitian, sibuuk maen, sibuk ngegalau, sibuk bobo bobo cantik, sibuk nge-Running Man.. hahahaha.. *alibi*

Dimulai dari aku dan khansa mau liburan ke temburong tapi mahal pake banget sekitar 110 BND untuk one day trip, tiba-tiba di group International UBD muncul penawaran menarik, Trip to Niah National Park, Miri-Malaysia, one day 45 BND..Gak pake ragu, gak pake mikirr langsung kami daftar ikutan Trip ini..

Sekitar 45 orang (UBD dan ITB student) kumpul jam 6 pagi di the core UBD, dari email yang dikasih katanya berangkat jam 6.. sekali lagi, k..a..t..a..n..y..a.... tapi yaa akhirnya kita berangkat jam stengah 7, karena bis-nya telat dateng dan ada beberapa orang yang juga datengnya telat... (janji janji melayu....sigh)

We're ready!!

Perjalan dari The core sampai ke perbatasan Miri sekitar 3 jam (karna kami naik bis yang cukup besar) dari Miri sampai ke Niah Cave itu makan waktu 1.5 jam.. Jadi total perjalanan kesana 4 jam.. Ini gak pake macet looh yaah.. Jalanannya lancar jaya... Entah kalau ada macet kayak di jakarta berapa jam kami di bis.. hahahha.. Yang menarik ketika perjalanan kesana adalah akhirnya bisa melihat TOL ala ala brunei.. Hahahaha.. Kata khansa ini satu-satunya TOL yang ada di Brunei..

TOL di Brunei
Akhirnya sekitar pukul 11, sampailah kami di Niah Cave...

Apa yang ada di Niah national park? Di Niah, terdapat 3 Gua terbesar di Miri dan untuk sampai ke Gua itu, kita harus melewati hutan-hutan dulu.. Gua yang terdapat di Niah adalah Gua Dagang, Great Cave dan Painted Cave.. Untuk sampai ke titik awal trip ini, kita harus menyebrangi sungai dulu menggunakan boat.. Dan denger-denger katanya di sungai itu banyak banget buayanya.. Yaaelah pak, kenapa dikasih tau pas kita mau nyebrang dah...

Sampai di titik awal trip, gua yang pertama kali di datangi adalah gua dagang.. Perjalanan ke sana gak terlalu sulit, karena udah dibuat jembatan kayu, jadi kita tinggal menyusuri aja.. Tapi, banyak banget binatang-binatang serangga, lintah, cacing selama perjalanan kesana, jadi hati-hati kalau kalian megang pegangan yang udah disediakan, karena banyak binatang-binatang menjalar di pegangan tangan itu.. setelah jalan kaki sekitar 45 menit, akhirnya kita sampai di gua dagang

Gua Dagang
Setelah melewati gua dagang, selanjutnya adalah menuju Great cave, gua terbesar di area Niah National Park ini, kali ini perjalanan sedikit sulit, karena pijakan yang cukup licin, ditambah agak sedikit hujan, jadi agak hati-hati menuju kesana, banyak beberapa dari kita yang kepeleset dan jatoh karena jalan yang super licin..

Sampai di Great cave, gua yang paling ujung yang akan dituju adalah Painted Cave, perjalanan kesana subhanallah banget, karena kita harus masuk terowongan yang super duper gelap gak ada penerangan kecuali senter, dengan jalanan super licin, serangga-serangga loncat-loncat, kelelawar diatas gua, hujan dalam gua.. Udah gitu jalannya gak lurus aja, tapi naik turun tangga.. capeeek pake banget..

Satu-satunya foto di dalam terowongan super gelap yang bisa diabadikan..

Pintu keluar dari terowongan
Akhirnya kami sampai di Painted Cave tepat pukul 2.. Pas kita tanya bagaimana cara balik lagi ke tempat awal, kata guide-nya "yaa lewat jalan yang sama" seketika dunia gelaaap... Secara untuk sampai ke Painted Cave butuh 3 jam jalan kaki, terus disuruh balik lagi lewat jalan yang tadi... Intinya gak bisa berkata apa-apa...

Painted Cave (asli buatan alam)
yeaah!!
Karena udah super capek, mau cepet-cepet balik ke bis, akhirnya aku dan khansa gak pake istirahat langsung balik ke bis, gak pake berenti... karena di otak kita kalau sekali istirahat takutnya jadi bener-bener capek dan gak sanggup... Akhirnya kami sampai di tempat awal jam 4 sore... Alhamdulillah..

Selain ke Niah Cave,karena mumpung lagi di Miri dan harga barang disini cukup murah dibandingkan dengan di Brunei, maka kita berenti dulu di Bintang Plaza buat belanja... daaaaan waktu yang dikasih cuma 1 jam.. akhirnya ngebut laah aku dan khansa belanja beli sepatu.. hahaha.. akhirnya kebeli juga itu sepatu walaupun dikasih waktu cuma satu jam..

Akhirnya kami pun sampai di the core sekitar pukul stengah 12.. Bener-bener trip yang luar biasa capeknya.. Jungle and Cave Trekking 5 jam gak pake makan pagi dan makan siang... Apa kabar kaki kami? luaaar biasaaa.... kalau kata khansa, "kaak, kaki aku udah gak bernyawa lagi" alias capeeeek buangeeet...