Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Beasiswa di Brunei Darussalam

Udah beberapa kali sempet mikir buat tulisan ini. Karena selama aku disini udah banyak banget yang nanya-nanya masalah ini ke aku. Dari bagaimana cara dapetin beasiswanya, apa aja prosesnya sampe ditanya kiat-kiatnya supaya dapet beasiswa ini, bahkan sampe ada yang minta contoh formulir aku kenapa bisa lolos dan mereka enggak :( .. Hmhm, kalau bicara ini sama aku mungkinkah faktor lucky? hehehe..

Jadi sekarang aku mau jelasin tahap-tahapan gimana aku bisa dapet beasiswa disini.. Okaaay?! :)



Seperti yang udah aku ceritaiin di bagian "what should i do?".. Pertama lulus kuliah berambisi banget buat kuliah lagi dan dengan pedenya mau kuliah di luar negri dan harus beasiswa gimanapun caranya.. Ambisius banget kan yah? hehehe. Tapi dari ambisi ini, Alhamdulillah dapet juga..

Mungkin kalau yang liat aku selama kuliah, aku tipe orang yang biasa-biasa aja, gak pinter-pinter banget kayak temen-temen yang lain. Waktu coba beasiswa aku juga gak mau bilang sama temen-temen kampus aku. Mereka cuma tau aku mau kuliah lagi di Malaysia, tapi aku diem aja dan urus sendiri semua persyaratan beasiswa yang diminta, kesana kemari urus berkas.. Intinya gak semudah ngebalikin telapak tangan..

Aku dah tulis cerita aku di "Perburuan Beasiswa" gimana caranya aku cari beasiswa di Malaysia. Sebenarnya aku gak coba kesana aja. Banyak yang gak aku tulis kayak nyoba beasiswa ke jepang yang udah dapet offer letter sampe ke Curtin University, Australia yang cuma dapet potongan harga aja masuk sana..

Kenapa tiba-tiba ke Brunei Darussalam? Ini semua diluar rencana. hehe... Gak ada di bayangan buat kuliah disini. Tapi waktu awal januari kakak yang kebetulan dosen dapet email tentang progam beasiswa dari Pemerintah Brunei Darussalam, si kakak langsung kasih tau aku dan suruh aku siap-siapin berkas karena deadline-nya 2 minggu lagi kalau gak salah.

Nah, pertama kali aku download semua berkas-berkas buat beasiswa di website MOFAT Brunei disitu ada pengumuman, kualifikasi dan form aplikasi. Beasiswa ini dibuka tiap tahun di bulan januari. Beasiswa ini buat semua jenjang dari S1, S2 sampai S3 dengan pilihan di 3 Universitas terbaik di Brunei, Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) dan Institut Teknologi Brunei (ITB).

Setelah formulir dan berkas-berkas diisi ada hal yang penting yang harus diingat. Isian Formulir harus menggunakan bahasa inggris dan semua berkas-berkas yang diminta harus di translate ke Bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah, jadi ada cap basah nanti di berkas kita. Selain itu kita di bagian belakang formulir ada pengesahan dari instansi di negara masing-masing. Waktu itu aku minta pengesahannya di Kementrian Pendidikan. Nanti bilang aja sama respsionis di gedung C kalau aku gak salah inget, kalian mau urus beasiswa ke luar negri, entar mereka kasih tau harus kemana.

Selesai itu semua, berkas+formulir aku kasih langsung ke Embassy Brunei di Jakarta dan juga aku kirim via email ke MOFAT. Sebenernya kalian bisa kirim lewat pos ke Embassy Brunei di Jakarta, tapi aku lebih prefer buat kasih langsung karena sama mereka di cek apa yang kurang, jadi kalau berkas aku ada yang kurang aku bisa lengkapin. Kayak waktu itu pas aku mau masukkin berkas, akta kelahiran aku masih bahasa indonesia, akhirnya mereka suruh aku translate dulu.

Singkat cerita sekitar bulan Febuari aku dapat email dari dosen UBD untuk wawancara via skype. Selesai wawancara aku diminta buat ganti proposal research karena kalau pakai proposal research yang aku pakai susah untuk lolos. Daan asal kalian tau proposal aku gak langsung diterima gitu ajaa -_____- proposal reserch aku udah di gonta ganti sampai 5 kali dalam rentang waktu Febuari - April, udah sempet frustasi karena dosennya nolak terus.. Sampai proposal ke 6 dia bilang oke dan minta aku tunggu kelanjutannya, aku lolos atau nggak.

Sebulan lebih gak ada kabar, kira-kira akhir mei aku iseng email dosen disana karena aku bingung gak ada kelanjutannya, dan dia bales Email aku katanya beasiswa aku lolos dan tunggu pengumuman resmi di MOFAT Brunei.. Alhamdulillaah..

Pengumuman resmi Beasiswa Brunei Darussalam baru keluar sekitar bulan juli. Kalau aku gak salah inget embassy brunei di Indonesia ngasih waktu kita satu bulan untuk persiapin semua dan medical check-up. Setelah semua selesai 2 minggu sebelum keberangkatan embassy bantu kita pesan tiket dan urus visa sementara di Brunei.

Tahun angkatan aku ada 5 orang yang lolos ke Brunei dan tepatnya akhir bulan agustus kami berangkat ke Brunei.

Yang perlu diperhatiin kalau kalian mau ikut program ini adalah kalian harus SABAR nunggu pengumuman. Untuk yang ambil kuliah di UBD dan Unissa kalian ada wawancara skpe dalam rentang waktu febuari - april, kalau yang udah wawancara insyallah 90% lolos, sisanya tinggal keberuntungan kalian pas wawancara. Nah kalau di ITB gak ada sistem wawancara skype, jadi kalian berasa digantung. Pengumuman beasiswa sekitar bulan Juli, dan jangan berharap bakal ada pengumuman yang ditaro di Internet tentang siapa aja yang lolos. Pengumuman beasiswa via email oleh MOFAT brunei dan Embassy brunei di jakarta dan kita juga di telepon dari Embassy brunei di Jakarta. Jadi kalau sampai bulan agustus kalian gak dapet email atau telepon berarti kalian gak lolos beasiswanya. Jadi karena sekarang masih bulan Mei dan kalian salah satu orang yang coba daftar beasiswa coba SABAR sampai bulan Agustus, kalau gak ada juga ya Ikhlas..

Nah sekarang apa yang didapatkan.
- Tiap bulan kalian dapet uang saku BND 650
- Uang buku tiap tahun BND 600
- Gratis semua biaya perkuliahan
- Dapat tempat tinggal yang nyaman banget dan free

Oiya, kebetulan aku diterima di Universiti Brunei Darussalam (UBD) di Faculty of Science (FOS) dan saat ini lagi berusaha namatin master secepat-cepatnya.. hehehe..

Semoga tulisan ini bermanfaat buat siapa aja. Jangan lupa tetep semangat buat gapai cita-cita, gak ada yang tau ke depannya kita jadi apa dan gak ada yang gak mungkin di dunia ini. Jadi jangan pesimis dan rendah diri. Dimana ada usaha pasti semua mimpi kita bisa terwujud. Good Luck!! :)

141 comments:

  1. kak saya izin share yah, kk mohon bimbingannya juga untuk bsa mndptkn beasiswa ini :) syukran kk

    ReplyDelete
  2. Mbak Putri, salam kenal

    Saya Firdaus alumnus Teknik Industri Universitas Brawijaya angkatan 2010.
    mau tanya, di "Beasiswa di Brunei Darussalam" disampaikan kalo semua berkas-berkas yang diminta harus di translate ke Bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah, jadi ada cap basah nanti di berkas kita.

    berarti, berkas translate-an yang dikirim itu translate-an asli ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang asli boleh.. tapi biasanya mereka kasih fotocopy-an yang udah ada cap-nya kok.. bilang ke merekanya gitu.. ntar dikasih..

      Delete
    2. poe,boleh minta rekomendasi kantor penerjemah tersumpah?coz ada bnyk bgt di jkt n d web.smntra sy d malang.spya dokumen yg ditranslate bnr2 sah.tq y.
      moga weddingx lancar y de poe.

      Delete
    3. kalau aku penerjemahnya di kampus mba..

      Delete
    4. ooo...hmm..ok tq y.
      oya poe, kemarin2 sy udah sempat lihat profil lecturer d ubd. plus tata cara ngubungi beliau (dari web semua c). salah seorang lecturer, MD Zahidul Islam, beliau ngajar bidang manajemen. de poe punya masukan ttg beliau?
      satu lagi, materi dan proposal research kita angkat dari permasalahan di indonesia?sementara penulisan dan tindak lanjut di brunei?

      Delete
    5. Aku gak kenal semua dosen di UBD mba dan kalau dosennya di bidang manajemen otomatis gak pernah ketemu, karna aku di faculty of science jd beda gedung.. materi untuk proposal research sepertinya apa saja boleh, yang penting tema-nya sejalan penelitian yang dilakukan oleh supervisor yang dituju..

      Delete
    6. ok.salut banget sama dirimu poe.sekali ngerantau langsung terbang ke LN.
      semoga sukses y! saya juga mau nyoba. mudah2n bisa lolos seperti dirimu dan ketemu di ubd.
      thanks banget semua infonya. jangan bosan y poe melayani ptanyaan pengikut2 mu dsni.insyaallah bernilai ibadah.

      Delete
    7. amiiiin..
      semangat mba melani.. semoga bisa menyusul ke brunei juga.. :)

      Delete
    8. assalamulaiakum kak putri, saya masi bingung tentang proposal research. apakah itu kita buat kalau uda lulus tahap form pertma ataukah dari pertama kak? mohon dijawab ya kak

      Delete
  3. Mbak, pendaftaran beasiswa MOFAT sudah dibuka. Rencana saya ingin mengajukan buat dapat beasiswa ini. Saya ada beberapa pertanyaan:

    1. Application Form yang sdh diisi, sebelum dikumpulkan ke kedubes Brunei disahkan dulu oleh instansi dari negara masing-masing. Di halaman 14 dan 15 dari Application Form disebutkan bahwa "TO BE COMPLETED BY THE NOMINATING GOVERNMENT" (form bisa didapat di: http://www.mofat.gov.bn/BD_Scholarship_docs/APPLICATION%20FORM%20-%20BD%20SCHOLARSHIP%202014-2015%20(1).doc). Jadi, halaman 14 dan 15 itu diisi oleh kementrian pendidikan ya mbaK?
    (misal kalo kita mengesahkan Application Form di kementrian pendidikan)

    2. Kalo seluruh berkas kita udah lengkap, kita cukup ngumpulkan berkas ke kedubes Brunei + email ke MOFAT aja atau butuh ngirim berkas ke Brunei langsung?

    Terima kasih jawabannya
    maaf kalo komen kepanjangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. iya.. setelah formulir diisi 3 rangkap, formulirnya dibawa ke kementrian pendidikan minta di endos (saran sebaiknya dibuat 4 rangkap, soalnya kementrian biasanya minta 1 rangkap buat mereka) setelah sudah di endos baru diberikan ke embassy brunei jakata..

      2. Selain dikumpulkan ke kedutaan brunei, sebaiknya juga dikirimkan softcopy-nya ke email MOFAT.. gak perlu dikirim ke brunei langsung, karena pihak embassy brunei yang dijakarta yang akan mengirimkan berkasnya langsung..

      Delete
    2. Apakah wajib fasih berbahasa Inggris kak?
      Dan apakah ada tes TOEFL dan IELTS nya?

      Delete
  4. Mbak Putri, salam kenal, saya Rizka.. :)
    Saya mau tanya, di bagian application form item 14 ada research proposal. Walaupun saya ambil master degree yang coursework, apakah masih perlu mengisi item tersebut?
    Terimakasih banyak atas jawabannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal..

      Kalau mau ambil by coursework, proposal research tidak diwajibkan..

      Delete
    2. Terimakasih atas balasannya, Mbak Putri :)
      Satu lagi saya mau tanya, dulu Mbak Putri untuk memenuhi English requirement apply pakai apa ya? Kalo TOEFL ITP mereka mau terima kah? Atau harus TOEFL yang internasional ya?
      Saya tadinya mau kejar IELTS tapi kehabisan jadwal :( Jadi sementara ini cuma punya TOEFL ITP..

      Delete
  5. Putri salam kenal :) kk aku pengen ikutan buat tgl 15 desember ini :) sebelumnya kita mesti ngurus paspor ? dan mslhnya skrg aku masih kelas 12 smk mbk kira2 ada tempat gak ? mksh , dan apa aja berkasnya kk ? sy agak kesusahan soalnya sy dipondok pesantren

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kamu masih sekolah dilulusin duluuu ya sekolahnya... soalnya syaratnya harus udah punya ijazah.. entar tahun depan baru kamu ikut lagi.. dibuka tiap tahun kok..

      Delete
    2. iyaa kk makasih infonya oh yaa kk put jangan bosen2 bales email ku kk yaa, dan maaf kalau bukaknya agak lama soalnya aku kan di asrama hehehe :)

      Delete
  6. Kanda saya juga mau daftar akhir november ini soalnya plng lambat tgl 15 desember dah kelar. Saya mau tanya setelah berkas lengkap, apakah langsung dikirim ke alamat di Brunei atau Kedubes Brunei di Jakarta ? dan sebelumnya apakah harus dapat izin dari Kementrian dulu, misalnya Kemendikbud atau Kemenlu ?
    Mohon arahhannya kk.
    Trm ksh
    wassalam. Oh iya saya mau dftar S1 dn umur saya 18 lulus 2014 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkas, formulir dan persyaratan boleh dikirm via pos ke embassy brunei di jakarta atau datang langsung.. iyaaa, bukan izin, tapi endorse formulir..

      Delete
    2. hai Bayu!
      aku juga apply bachelor. udah sampe mana kelengkapan persyaratannya?
      btw apply jurusan apa?

      Delete
  7. Salam kak, aku mau apply environmental studies nih. semoga bisa mengikuti jejak mbak ya ke sana..
    alhamdulillah berkas udah komplet,
    tapi ada yg aku bingungin di bagian reference letter sama INTENDED QUALIFICATION.
    Untuk reference itu sama pemberi rekomendasi langsung dimasukkan Amplop n diserahkan ke kita kan? tapi Kok ada keterangan bahwa reference harus dikirim oleh pemberi rekomendasi. dan apakah copy 4 juga?
    yang kedua terkait INTENDED QUALIFICATION, itu kolom program dan subject diisi apa? apakah program yg kita apply, mata kuliah dan harapan lulusnya?
    Mohon bimbingan kak. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu aku lamar beasiswa, tiap reference aku kasih 3 lembar buat diisi.. setelah itu mereka masukkan ke dalam amplop dan dikasih ke aku.

      yup, bener...

      terima kasih

      Delete
    2. intended qualification itu gimana mbak?

      Delete
    3. ituu aku udah jawab iyaa bene.. diisi program yang di apply

      Delete
  8. assalaamu'alaikum kakak, salam kenal kak..
    numpang tanya,,,
    klau translate inggris nya bukan dari yg resmi gmana kakak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka siih mintanya penerjemah tersumpah yang resmi dan ada cap-nya karena itu kan berkas penting..

      Delete
  9. asalamualikum kaka
    slam knal sya duroh maaf ka mau tanya,,, yg di mkasud orang yg pnerjemah resmi itu sypa ka?
    dlam persyaratan itu kan harus pke ijazah sekolah ya ka?? klo pke ijazah pondok pesantren bisa gx ka?? alnya droh blom sempet ngambil ijazah sekolah droh di bekasi. skrang droh lgi kursus bhasa inggris di kediri
    tolong bantuannya ya ka :-)
    makasih...
    wasalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. penerjemah resmi ituu, penerjemah yang udah ada surat izinnya...
      kalau ituu coba tanya pihak MOFAT langsung yaa, boleh atau gak.. soalnya itu masalah teknis.. aku kurang tau.. terima kasih..

      Delete
  10. Assalamu'alaikum Wr. Wb
    kak putri yang di sayang Allah,
    1. kalau boleh saya minta alamat Embassy Brunei di Jakarta ya kak.
    2. oya kak, saya mau lanjutkan Master of Midwifery/ s2 kebidanan. apa ada saran dan masukan dari kakak?
    3. di halaman entry qualification saya baca, master of midwifery hanya di tulis by reseacrh, apa itu artinya tdk ada master by coursework aja ya kak?
    terima kasih atas jawaban kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Embassy brunei di jalan teuku umar no 5, menteng
      2. saraan teentang?
      3. gak ada... berarti cuma ada research ajaa..

      terima kasih..

      Delete
  11. Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
    Subhanallah saya salut sama kak putri.
    Kak,saya baru lulus SMA mau mengambil program S1, saya mau tanya di form ada bagian proposal research. Saya kurang mengerti, sebelumnya saya belum pernah membuat itu. Mohon Dijelaskan. Terimakasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk program S1 tidak usaah.. proposal research cuma untuk Master atau PhD..

      Delete
    2. Kak mau tanya di ubd saat ngajar pake bahasa inggiris ya ?? Dan katanya sarannya nilai tofel 550 ya

      Delete
  12. Assalamualaikum kak putri,saya mau nanya kak,kemarin saya sudah mengikuti segala persyaratan untuk beasiswa brunei program S1,saya kira berkas-berkasnya harus dikumpulkan langsung ke Brunei sana,jadi berkas saya sudah saya kirim ke sana.Apakah langkah saya salah kak?terimakasih,mohon jawabannya.Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam, sepertinya boleh kalau dikirim langsuung..

      Delete
  13. Assalamualaikum, mau tanya saya bingung dengan cara ngisi academic experience, yang bagian ordinary level dan advanced level diisi dengan apa ya kak? Terimakasih

    ReplyDelete
  14. mb putri, saya mengikuti blog ini. isinya sangat membantu dalam hal berburu beasiswa, khususnya di brunei. saya sangat tertarik. ditunggu postingan barunya y mb. semoga lancar riset dan tugas2nya.

    ReplyDelete
  15. Kakak, maaf mau tanya,,
    Waktu wawancara skype nya pake bahasa inggris juga..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di ngambil yang di unissa wawancaranya juga pake bahasa inggris?

      Delete
    2. iya benar. kecuali ngambil jurusan yang menggunakan bahasa arab, nanti wawancaranya juga ada bahasa arabnya.

      Delete
    3. klo ngambil fakultas ushuluddin, pke bhs arab jg?

      Delete
  16. Assalamu'alaikum kak...
    makasih buat informasi sekaligus jawaban-jawaban dari kakak, sangat membantu
    mau tanya nih kak, kaka ada teman atau kenalan dari UNISSA nggak? kalo ada aku pingin banget dapet informasi tentang UNISSA nih, kak...
    makasih banyak kak Putri ^^
    Wassalamu'alaikum...

    ReplyDelete
  17. Ijin share mbak saya rencana mau melanjutkan s3 . Universitas mana ya yang s3 ada jurusan science.tema mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk S3 dan jurusannya science, mungkin bisa di cek di UBD.. atau di ITB juga bisa..

      Delete
    2. mbak putri......sya mw bertanya untuk endorsement ke kementrian pendidikan apa tdk boleh dgn dikirim via pos?

      Delete
    3. mbak putri......sya mw bertanya untuk endorsement ke kementrian pendidikan apa tdk boleh dgn dikirim via pos?

      Delete
  18. maaf mbak mau nanya untuk berkas2 yg ditranslate ke inggris itu harus di translate 3 kali atau cukup satu saja dan yg lainnya foto copiyan
    atau rangkap 3 smuanya harus ada cap basahnya

    ReplyDelete
  19. 1.salam kenal..mbak putri mo tanya..saya jur tadris ipa fisika, rncana mau ambil faculty science, kira kira bs jebol g ya..ato sinkron g ya?
    2. dan ttg proposal researc itu dari bab 1- dftr pustaka dikirim ke email dosen tu mbak?
    3. boleh tau..alamat email dosen tu apa y mbak?bs sy minta..sptnya saya mo s2 faculty science jg/pendidikan ..trimakasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf tadris itu apa ya?

      proposal research itu di attach barengan dengan formulir pendaftaran beasiswa..

      Delete
  20. mbak putri blognya sangat membantu sekali:) ,boleh minta alamat email atau yang bisa dihungi lebih lanjut gak kak?

    ReplyDelete
  21. mbak putri satu lagi...toefl tu yang ITP atau iBT yang internasional?takutnya klo ITP g berlaku buat studi luar negeri...mhn pnjlsannya y mbak

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum....mau tanya mbak. kalau di UNISSA dan ngambil Master degree ada wawancara via skype juga? terima kasih

    ReplyDelete
  23. mba putri saya mau tanya mengenai academic experience bagian ordinary dan advanced level, bagaimana cara mengisi nya? terims kasih

    ReplyDelete
  24. mbak saya masih duduk dikelas XII nih, mau ambil beasiswa di Brunei gimana yah mbak? udah linknya, tapi masih bingung soalnya masih baru pertama kali . mohon bantuannya yh mbak. maaf merepotkan

    ReplyDelete
  25. assalamualaikum mba
    maaf mba saya sedikit bingung..mohon bantuannya mba
    mengenai OFFICIAL DECLARATION (to be completed by the nominating government)
    itu harus di isi oleh kementrian pendidikan pusat ya? ato boleh gag kita serahkan ke dinas pendidikan provinsi?
    kalau harus di isi oleh kmentrian pendidikan pusat apa boleh kita kirim berkasnya melalui pos? soalnya posisi saya ada di ujung sumatra, dan membutuhkan biaya yg lumayan besar untuk brangkat ke jakarta..
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan trima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu saya di kementrian pendidikan pusat.

      Mungkin kalau di provinsi boleh, tapi denger cerita dari teman2 ada beberapa provinsi yang gak mau meng-endorse karna tidak tau.. Jadi coba ditanyakan ke dinas pendidikan di provinsinya..

      Delete
  26. Harus menlampirkan TOEFL ya?
    Benar apa bisa Nominating Government itu dr Dinas Pendidikan Aceh saja?


    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar..

      Waktu itu saya di Diknas jakartaa

      Delete
  27. Salam kenal kk,,aku suranto dari maluku utara,saya mau nanya k, berkas yg terkhir kan harus ada endos dri kementrian pendidikan itu bisa lewat via pos atau online untuk bisa dpt endos dri kementrian k,mhon penjelasannya yah,sebelumnya terimah kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus di endorse langsung tidak bisa via pos atau online

      Delete
  28. sore kak
    boleh minta referensi jasa penerjemah tersumpah yang kakak tau? soalnya aku search di google banyak banget applynya.
    aku lihat dikomentar sebelumnya kakak menerjemahkan dokumennya lewat kampus ya, itu gimana caranya ya ka? sedangkan aku belum pernah kuliah mau ambil s1.
    oia ka waktu tes wawancara pertanyaan apa saja sih yang dipertanyakan? durasinya berapa lama?
    1 lagi kak, selain ijazah,transkrip,akte,paspor & skck. apakah ada dokumen lainnya yang harus ditambahkan? jika iya dokumen apasajakah itu?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu saya di kampus, kurang tau kalau tempat lain.

      Yang ditanya mengenai apa saja yang pernah dipelajari, ttg kedepannya, kenapa mau ambil jurusan tersebut.. durasinya kurang lebih 1.5 jam..

      kalau ada sertifikat2 boleh dilampirkan

      Delete
  29. Kak aku kepingin ikut banget program ini tp aku masih kelas 3 sma. Ijazah belum keluar, apakah ada cara lain? Misalnya surat keterangan dari sekolahan gitu.

    Oiya yang kelas baru kelas 3 SMA 2015/2016 trus pengen ada temen sharing2 tentang beasiswa ini, bisa hub via line👉 kikyreza
    Thx☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu persyaratannya adalah ijazah.. jadi ditunggu ada ijazahnya aja ya :)

      Delete
  30. Assalamu'alaikum
    Ma'an najah....tetap semangat
    Kak Putri boleh tanya??
    Dibagian Ordinary dan Advanced Level Certificate itu lampiran untuk Ijazahnya atau level bahasa Inggrisnya??

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum Kak, aku pmbaca baru di blog kakak
    Pengalamannya keren bgt, oh ya aku mau tanya kak, kalo lulusan smk nyari beasiswa di brunei kemungkinan lolos nya gmna kak? ehehehehe soal nya aku agak pesimis, baca tulisannya kakak jd optimis lagi :D brhubung beasiswanya dibuka masih lama aku pgn tau dulu gmn teknisnya, trnyata ribet yah ehehehe
    aku sdh ada di brunei 4 bulanan kak, trus klo ngurus tetek bengek nya di nbrunei bisa gg kak?
    aku mhon bantuan kakak
    makasih :D
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'laikumssalaaam...
      Bisa kook..
      DUlu saya bantuin istri senior buat daftar beasiswa, dia persiapin semuanya di brunei.. Tapi setelah semua disiapin kamu minta tolong temen kamu di indonesia buat endorse di kementrian pendidikan di jakarta, jd nanti dikirimnya dari sana ke brunei.

      Kalau istri senior saya, dia udah 1 tahun di brunei, terus dia daftar beasiswa dan siapin disana, pas saya pulang ke indonesia dia titip berkasnya ke saya minta di endorse, jadi berkas dia saya bawa ke kemnetrian pendidikan untuk di endorse dan saya kirim ke kedutaan brunei di jakarta.

      Semoga membantuu... daan jangan pernah pesimis untuk masalah pendidikan :)

      Delete
  32. oh iya kak,kalo wawancaranya bagi yg lolos beasiswa UNNISA,biasanya pakai bhasa arab atau bhsa inggris kak?

    ReplyDelete
  33. GARANSI IELTS 7.5, TOEFL PBT 600, TOEFL iBT 100 dan TOEIC 900 secara kilat.
    FUTURE Educational Consultancy adalah Agen Konsultasi pendidikan untuk sekolah di Australia, Singapore, USA, UK, etc. Kami sudah berpengalaman di bidang ini hampir 18 tahun. JIka ingin tau lebih lanjut, silahkan kontak kami di 08787 8787 190

    Selama 18 tahun terakhir kami berhasil mendidik lebih dari 4000 client yang sekarang berdomisili di 4 benua dan mencapai score internasional yang super tinggi. Bahkan kami membanggakan diri sebagai tempat kursus yang menghasilkan siswa dengan score internasional paling fenomenal di Indonesia (score paling fenomenal kami adl dimana alumni siswa siswa kami bisa mencapai IELTS 8.5) dan dengan biaya murah. Angka keberhasilan kami mencapai 98% dan pengajar pengajar kami juga mengajar di organisasi raksasa seperti SKK MIGAS, BRI, ANGKASA PURA, PELINDO, Department keuangan, PLN dan banyak lagi. Please sms 0813 8633 4247 untuk mendapatkan penawaran khusus dari saya. Lokasi: Kelapa gading Jakarta.

    ReplyDelete
  34. mba, dicatatan diary diatas ngga disertain biaya... boleh share ttg itu ngga?

    ReplyDelete
  35. Mbak putri ,blog nya sangat informatif ,mbak untuk toeflnya sendiri minimal berapa mbak kalau ke Brunei ini ? Dan untuk lampiran beberapa sertifikat ,apakah harus di translate juga kah ? Terima kasih mbak putri

    ReplyDelete
  36. Mbak putri ,blog nya sangat informatif ,mbak untuk toeflnya sendiri minimal berapa mbak kalau ke Brunei ini ? Dan untuk lampiran beberapa sertifikat ,apakah harus di translate juga kah ? Terima kasih mbak putri

    ReplyDelete
  37. Halo kak, nama aku Raisa
    Raisa bisa minta alamat email kaka untuk beberapa pertanyaan mengenai beasiswa S1 di Brunei Darussalam?

    ReplyDelete
  38. Apakah mayoritas dlm pengajaran menggunakan bhs inggris ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya hampir semuanya menggunakan bahasa inggris. Kecuali untuk mata kuliah bahasa. Disesuaikan dengan bahasa yang dipelajari, tapi, kalau di UNISSA ada yg kelas menggunakan full bahasa arab.

      Delete
  39. mbak bisa minta no hp . saya masih mau bertanya tanya , kirim ke email saya mbk , sayfirays123@gamil.com

    ReplyDelete
  40. mba kementrian pendidikannya harus yang di jakarta kah atau di jogja juga boleh ?
    bisa di bales lewat email saya imaduddinasrohim@gmail.com

    ReplyDelete
  41. Assmlkm mba Putri Alhamdllah Saya sudh di kash rkmdsi dari kmdikbud , akan tetpi saya lg menunggu paspor sedangkn beasiswa di tutupnya tanggal 13 Mart.. Gmna ?

    Dan bisakh berkasnya hnya d kirm lwt email sja ?
    Jawabn mba sangt membantu skli

    Wassalamualaikm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumssalam.
      yang saya tau kalau daftar beasiswa harus ada passport.

      untuk tahun ini sepertinya memang berkas dikirim via email saja. tidak usah di pos kan.

      Delete
    2. Gimana caranya dpt endorse kemendikbud?

      Delete
  42. Kak Putri, aku Monica... Please, say hello ke emailku ya kak. I have many question to you, nanti aku mau coba ngobrol via email ya kak? Terima kasih banyak kakak.
    monicaherawati1@gmail.com

    ReplyDelete
  43. Min di ubd pake bahasa apa saat pengajaran bahasa brunei kah??

    ReplyDelete
  44. Assalamu'alaikum mb putri. Mau tanya kalo inshaAllah mau apply taun depan tapi umurnya masih 17 tahun, apakah itu sangat berpengaruh??
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya gak terlalu berpengaruh deh :)

      Delete
  45. hai mba, salam kenal ya mba
    mba boleh saya minta kontak mba
    saya berencana mau apply awal tahun depan
    jadi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mba
    terimakais ya mba

    ReplyDelete
  46. Assalamu'alaikum
    Mba, bisa dijelasin dikit tentang proposal research?

    ReplyDelete
  47. Thanks bagaimana bisa bekerja sama dengan blogspot ini?

    ReplyDelete
  48. Assalamu'alaikum,
    saya suka banget informasi yang ditulis disini sangat informatif. mbak bisa minta alamat emailnya kah? saya baru lulus S1 dan ingin melanjutkan ke brunei, namun ada bbrp hal yang ingin saya tanyakn terkait dengan jurusan disana, email saya dyastika79@gmail.com

    ReplyDelete
  49. assalamualikum mbak, saya berasal dari sumatra, riau, untuk mendapatkan pengesahan dari kementrian pendidikan tuh, apa syaratnya ya mbak, terimakasih sebelumnya kak.

    ReplyDelete
  50. Asalamualaikum, mba sya mw tanya pas wawancara itu yang di tanyakan apa saja ea mba? Mohon info mba. Sya perlu bnyk bgt reverensi mba,ini email sya mba sarah67rs@gmail.com. makasih ya mba @putri Wulandari d tunggu infonya

    ReplyDelete
  51. Assalamualaikum mbak,sy pengen tanya buat yg application form itu diisi lewat ms word atau bisa diisi dgn tulis tangan?

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum mbak putri, saya dari banjarmasin. Saya pengen nanya
    1. Bagaimana cara supaya mendapatkan endorse dari Kemindikbud.
    2. Apa nilai ijazah yang tinggi berpengaruh dalam tahap seleksi atau dibantu hasil wawancara.
    3. Saya masih bingung mengisi formulirnya.
    4. Maaf banyak nanya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  53. Halo kak, apakah beasiswa ini pake sertifikat skor TOEFL?

    ReplyDelete
  54. Hallo admin,I want to know more about brunei's scholarship. Could u help me? Please knock me at email apriliani.wahyu@rocketmail.com, i am waiting for ur kindness. Thanks

    ReplyDelete
  55. hallo kak..aku mau tanya..kalau sertifikat toefl atau nilai toefl itu optional atau harus ya?soalnya turkiye burslari optional

    ReplyDelete
  56. Hallo kak putri, boleh minta kontaknya ga? Aku masih bingung nih buat langkah-langkahnya. Kirim ke Email aku aja ya kak ke adilahnurusilmi09@gmail.com

    ReplyDelete
  57. mbak put.. saya di makassar.. di makassar tdk ada kementrian pendidikan, kemetrian imigrasi boleh / dinas pendidikan boleh endos ?

    ReplyDelete
  58. kak put, saya dari jember.. mau tanya untuk beasiswa yg di brunei ini berlangsung setiap tahun kah?

    ReplyDelete
  59. Mbak Put, saya mau tanya, kode program studi untuk beasiswa brunei di mana?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  60. Kak putri maaf saya mw tanya, jadi saya minta endorse ke temen saya yg di kemendikbud tpi bagian dikdas, nah untuk initial of verifying dia ga tw mw diisi, trus gmna yaa? Apakah saya hrus ulangi lgi minta endorsenya/bagaimana yaa?

    Apa boleh saya liat inisialnya seperti apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak ikut scholarship tahun 2018 atw 2019

      Delete
  61. Maaf mbak, pengen tanya, ak kan pengen beasiswa S1 di Brunei, lha syaratnya kan 18 tahun, tp ak masih 17 tahun bisa gak ya?

    ReplyDelete
  62. baru nemu blog ini, dan sangat bagus :),

    ReplyDelete
  63. mau tanya kalo udah nikah masih bisa ikut beasiswa S1?

    ReplyDelete
  64. Assalamualaikum kak putri.
    Salam kenal aq lila. Gmna kabarnya kak ?semoga allah senantiasa memberikan kesehatan untuk kakak.

    ReplyDelete
  65. Assalamualaikum kak putri.
    Salam kenal aq lila. Gmna kabarnya kak ?semoga allah senantiasa memberikan kesehatan untuk kakak.

    ReplyDelete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. Assalamualaikum kak putri.
    Salam kenal aq lila. Gmna kabarnya kak ?semoga allah senantiasa memberikan kesehatan untuk kakak.

    ReplyDelete
  68. Assalaamu'alaikum...

    Kak Putri...

    ReplyDelete
  69. Assalaamu'alaikum...

    Kak Putri...

    ReplyDelete
  70. Assalamualaikum ka putri..
    Kalau untuk minta pendampingan cara mendapatkan beasiswa brunei ini apakah bisa??

    ReplyDelete
  71. Assalamu'alaikum,Kak Putri, mau nanya. Apa kalo mau ambil jurusan di UNISSA yang pake bahasa pengantar bahasa arab harus ngirim hasil TOEFL sama IELTS juga? atau cukup dengan IALTS dan TAFL? Thanks.

    ReplyDelete
  72. Assalamualaikum kak putri.. Mau tanya, dulu kak putri ada kualifikasi pendukung nggak sehingga lulus, misal mungkin pernah ikut organisasi atau mungkin juara lomba dan semisalnya..
    Makasih kak,mohon jawabannya^^

    ReplyDelete
  73. Assalamualaikum.. Ada yang mau ikut daftar beasiswa tahun 2019 gak? Mohon info..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaalaikumsalam,, saya mau ikut mas.. Tp blum prepare.. Karena saya belum ujian ielts

      Delete
    2. Oh emang harus ielts ya? Atau Toefl aja bisa?

      Delete
  74. Maaf mbak kira kira bisa kasih tau gambaran atau kisi kisi ngisi formulir soalnya masih ada bagian yg buat bingung

    ReplyDelete
  75. Assalamualaikum mbak, gimana ya mbak caranya ngedit berkas lamaran di UBD yg di application code? kemarin sudah saya submit tapi saya lupa masukkan file di bagian files upload. soalnya saya baru pertama kali daftar jadinya agak binggung. tolong bantuannya mbak.

    ReplyDelete
  76. Assalamualaikum kaka maaf mau nanya,saya Allhamdulillah tahun ini daftar beasiswa d brunei juga dan Allhamdulillah saya udah wawancara juga bulan april,kelanjutannya kira kira apa lagi ya kak yang harus saya lakukan?

    ReplyDelete
  77. Assalamualaikum kaka maaf mau nanya,saya Allhamdulillah tahun ini daftar beasiswa d brunei juga dan Allhamdulillah saya udah wawancara juga bulan april,kelanjutannya kira kira apa lagi ya kak yang harus saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba/mas, sy rncana mau daftar beasiswa brunei thn 2020, bisa mnta kontaknya utm tnya2 seputar pendaftaran?:)

      Delete
  78. Assalamualaikum ka, aku mau tanya untuk dapat surat rekomendasi nya itu dari siapa ya ka?

    ReplyDelete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. Kak,terima kasih banyak atas informasinya. Mau tanya dong, Kak. Untuk endors itu kalau tidak langsung di Jakarta bisa minta ke mana ya? Karena saya tadi ke kementerian pendidikan daerah kota saya, tidak bisa memberi endors katanya, Kak.

    ReplyDelete
  81. Assalamualaikum kak, saya mau nanya tentang IALTS kak, bagaimana saya bisa dapetin IALTS kak? Apakah ada lembaga tes nya kak, seperti IELTS / Toefl?

    ReplyDelete
  82. Halo kak, semoga dilihat ya komenanku.

    Aku udah lulus seleksi BDGS dinegaraku dari seleksi berkas sampe wawancara dan dinomisaiin sebagai penerima beasiswanya tapi dari universitasnya belum ada infonya, kalo kayak gini kira kira aku udah fiks keterima kuliah disana gak ya? Lagi dalam fase ragu nih kak tolong bantu jawab ya

    Makasieeee

    ReplyDelete