Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Wedding Party (Indonesia vs Brunei)

Kali ini mau ngebahas gimana sih wedding party di Brunei.. Apa bedanya sama di Indonesia..
Kebetulan banget mungkin 2 bulan yang lalu (aduh udah lama banget) di undang ke acara wedding orang Brunei.. Ini udah kedua kalinya dapet undangan wedding dari orang yang asli dari Brunei..
Ternyata beda bangeet acara wedding di Indonesia dan Brunei.. Awalnya sempet bingung dan penasaran.. Kok gini, kok gitu.. hehehhe...Tapi akhirnya udah terbiasa..



Apa aja sih perbedaanyaa?


1. Isi tamu undangan

Kalau di Indonesia apa yang pertama kali kita lakukan pas sampe di acara nikahan? Pastinya isi buku tamu kan.. Kita tulis nama, alamat sama tanda tangan, kayak isi absen aja deeh.. Gunanya apa? Biar si yang punya hajatan tau siapa yang hadir, berapa jumlah yang dateng, sebanding gak sama undangan yang di sebar dan masih banyak lagi.. Yang paling penting pas kita isi buku tamu, otomatis kita harus masukkin "amplop" ke dalam kotak gitu, abis itu dikasih souvenir deh.. Beneer kaan? Bener doong :)

Nah kalo di Brunei bener-bener beda banget. Pas aku sampe di acara wedding itu keluarga mempelai baik cewek ataupun cowok berjejer di depan pintu.. Terus kepalaku udah celingak celinguk nyari buku tamu dan sempet mengutuk diri sendiri kenapa gak bawa amplop malu-maluin aja. Tapi sejauh mata memandang gak ngeliat orang-orang yang duduk di kursi sambil jaga kotakan trus kita dikasih souvenir. Yang ada orang-orang berdiri, nyambut kita dan megang kaya tas karton gitu ke kita.. Dan yang membedakan ada jalur cewek dan jalur cowok. Ya karena aku cewek ya ikutlah baris di jalur cewe. Kita salaman deh sama orang-orang yang berdiri itu, kira-kira 20 org lebih, terus diujung salaman kita dikasih kertas karton yang ternyata isinya itu souvenir.. 

2. Souvenir Pernikahan

Apa sih yang sering dijadiin souvenir pas acara nikahan? Seperti biasa paling tempat cincin, bross, kipas atau gelas yang ada tulisan nama mempelai dan tanggal acara itu.. Kalau di wedding party orang brunei kita dikasih bener-bener beda.. Waktu pertama kali aku dapet kayak tempat taro kue (oke ini biasa mungkin), ke acara wedding yang kedua aku juga dapet kayak tempat makan ada 2 buah yang isi di dalam tempat itu beras dan gula.. Mungkin kalau di Indonesia satu keluarga mungkin satu souvenirnya, tapi ini satu orang satu.. Jadi, misalnya ada undangan 800 orang dan semua bawa pasangan berarti mereka harus siapain 1600.. Nah, itu kalau mereka cuma bawa satu orang.. Coba kalau sekeluarga ikut semua, semua orang dapet satu-satu. Yang lainnya lagi, bocah-bocah kecil gitu juga dapet souvenir isinya makanan kecil dan minuman.. Aslii pas liat itu ngiri, rasanya mau tukeran souvenir ma anak keciil :(

3. Pelaminan dan dekorasi

Udah tau lah yaah dekorasi acara wedding di Indonesia kayak gimana. Kalau di Brunei cuma ada panggung kecil dan ada 2 kursi buat pengantin perempuan dan laki-laki.. no flowers dan pernak pernik lainnya..

4. Acara wedding

Kalau mau bahas gimana acara di Indonesia, pasti udah pada tau kan yaa.. Masuk ruangan kita diri sambil nunggu pengantin datang.. Abis itu pas pengantin dateng kita antri buat ucapin selamat dan salaman gitu abis ituu ngelilingin gedung nyari makanan, dari makanan berat sampe makanan yang di gubuk-gubuk.. Kalau udah puas, pulang deh..

Sekarang kita bahas acara di brunei...
Pertama kali masuk, udah dipastikan cewek dan cowok di pisah, pas masuk kita langsung duduk di tempat yang udah disediain. Nah disini uniknya.. Di brunei buffet makanan nggak berjajar panjang kayak di Indonesia. Mereka dibuat perkelompok-kelompok atau kotak-kotak gitu.. Di setiap kelompok itu ada satu meja yang isinya menu makan, buah, minuman air putih dan softdrink. Satu kelompok kira-kira 30-50 orang. 

Sebelum acara dimulai, keluarga utama dari pengantin perempuan nyamperin kita.. beda kan? kalau di Indonesi kita yang samperin mereka, kalau ini kita yang disamperin.. Keluarga mempelai salamin kita satu-satu, dan pada saat inilah kita kasih amplop ke mereka.. 

Setelah proses salam-salaman, acara selanjutnya biasanya sambutan dari keluarga dan ada baca do'a. Abis itu pengantin masuk. (please, jangan ngebayangin pengantin masuk kayak di Indonesia.. Ini beda banget). Pas pengantin masuk kita gak berdiri dan ngeliatin pengantinnya, kita duduk manis di kursi karena kita liat kanan kiri gak ada tamu yang langsung bangun dan diri di pinggirian jalannya pengantin. Ketika acara ini, aku ngerasa krik-krik banget.... Biasa pas pengantin masuk pasti ada lagu atau apa gitu yang mengiringi.. Tapi ini nggak, pengantin jalan aja udah gitu.. Malah temen aku yang lagi asik ngobrol sampe nanya "laah put, pengantin kapan dateng kok udah di pelaminan?"

Ketika pengantin duduk, kita langsung dipersilahkan makan. Yaudah kita makan deh, gak ada tuh gubug-gubug kayak di indonesia.. Cuma makanan utama udah itu.. Selesai makan kalian tau apa? Udah pada pulang terus acara selesai.. *langsung hening*

terus pengantinnya apa kabar?
Udah pengantinnya duduk aja di pelaminan..

gak salaman ma pengantin?
nggak sama sekali..



Unik banget kaan acaranya.. Yang paling penting jangan telat kalau ke wedding orang brunei..
Biasanya kalau di undangan wedding orang Indonesia ada jam-nya kan misalnya jam 10.00-13.00, trus kita mau dateng jam berapa aja gak masalah. Kalau disini lain misalnya di undangan ditulis jam 13.00, nah jam segitu kita harus dateng buat nyari tempat duduk, karena kalau udah penuh, gak bisa duduk, kalau gak dapet tempat duduk gak bisa makan.. dan jangan kira jam 13.00 itu acaranya dimulai.. Karena sepengalaman aku, biasanya acara dimulai 2 jam kemudian -_______-

Ini ada beberapa foto suasana pernikahan orang Brunei..









3 comments:

  1. kalah teruss ya?
    kebanyakan Deposit dari pada WD?
    Sini sini sini sini...

    Coba bergabung dan main di ROYALQQ.POKER
    Hanya dengan minimal Rp. 15.000 saja sudah bisa bermain di semua jenis games.

    So tunggu apa lagi..

    Yuk daftarkan segera..
    https://goo.gl/WdAxAK

    ReplyDelete
  2. Bosan main poker sama ROBOT? Kapan untungnya?
    Kini Hadir Game Terbaru ===>> GAME SAKONG
    Mari.. bergabung bersama kami di ROYALQQ, main poker tanpa Robot 100% player vs player.
    Deposit Minimum Rp. 15.000
    www,royalqq,poker
    Support Bank BCA, MANDIRI, BNI, BRI
    add 2B68D666

    ReplyDelete