Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Pemilu 2014 di Brunei Darussalam

Kayaknya telat banget deh yah kalau nge-post tentang Pemilu 2014 yang udah lewat gini.. hehehhe.. Maklum tugas yang semakin menumpuk jadi agak susah nyuri-nyuri waktu buat nulis dan ceritain Pemilu disini..


and ini bener-bener first time ngerasain Pemilu di negara orang.. Biasanya ya selama kalau pemilu di Indonesia yaa udah dateng ke TPS, nyoblos/nyontreng, finish.. pulaang.. masa bodoo sama hasilnyaa.. hehehe.. (bandel yaa poe).. Disini nyoba-nyoba ikutan jadi panitia pemilu di luar negri atau famousnya KPPSLN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri)

Kalau di Indonesia pemilu tanggal 9 April 2014, kalau di Brunei diadain tanggal 6 April.. kenapaaa?
Jadi, tgl 9 April itu hari rabu kan, dan pemerintah Indonesia netapin jadi libur nasional.. Tapi, kalau di luar negri gak mungkin kita buat libur nasional khusus orang Indonesia.. Waduuh itu gaswaat bangeet.. Jadilaah dipilih hari Minggu tanggal 6 April 2014, pukul 9.00 - 17.00

Pemilu diadain di halaman KBRI Bandar Seri Begawan, di jalan sungai hanching. Totalnya ada 20 TPS. Sebenernya cukup banyak jumalh penduduk Indonesia yang tinggal di Brunei, sekitar 45ribu orag (sedangkan mahasiswa cuma 25 orang.. hehehe).. Tapi, pas pemilu yang datang hanya sekitar 4ribuan.. Hitungan segini udah cukup banyaak loooh.. Soalnya tahun 2009, denger-denger cuma 2ribu orang yang dateng..

Sempet gak kebayang kalau 45ribu orang itu dateng ke KBRI, berarti satu TPS harus ngelayanin 2ribu oraang.. Sempet speachless, aduuh bakal capek daah niih.. Ternyata yang dateng ke TPS yang gw jaga cuma 297 orang.. Tapi, ini udah Alhamdulillah bangeet..

Nah untuk perhitungan suara, untuk di luar negeri gak langsung dihitung kayak gosiip yang beredaar.. Kita perhitungan suara tetep tanggal 9 April jam 2 siang.. Jadi nunggu acara Pemilu di Indonesia selesai, baru kita adain perhitungan suara..

Oiya, khusus pemungutan suara di luar negeri cuma ada 1 kertas suara, jadi kita hanya milih calon DPR dari DKI Jakarta Dapil 2.. Jadi walapun kita bukan orang jakarta kita tetep haru milih orang di Jakarta..


Alhamduliillah, PEMILU 2014 di Brunei lancaar selancar-lancarnya.. Tertiib dan ada peningkatan yang cukup baguss.. Semoga hasil Pemilu juga bagus yaah.. Amiin..






nb: photo by kak andino and me :)

No comments:

Post a Comment