Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Perburuan Beasiswa (Part 1)

Siapa sih yang gak pingin kuliah di luar negri?
Apalagi beasiswa.. Siapa coba yang gak mauuu...

Gw pun juga gituu pingin banget kuliah di luar Indonesia, selain mau belajar mandiri ini sebagai pembuktian aja kesemua orang "Gw bisa looh"
Walaupuun waktu kuliah di S1 bener-bener nilai pas-pasaaan..




  • Malaysia
Negara pertama yang gw incer beasiswa adalah Malaysia.. Mungkin karna kedua senior gw kuliah disana jadi gw berfikiran untuk kuliah di Malaysia aja..
Mulailah ubek-ubek Oom google gimana sih nyari beasiswa..
Akhirnya setelah seminggu ubek-ubek oom google gw dapet kesimpulan syarat-syarat buat ambil beasiswa diluar:
1. Nilai IPK harus diatas 3 (lolos)
2. TOEFL minimal 550 (mepeeeet)
3. Proposal Research (pake bahasa inggris)
4. Punya pembimbing di Universitas itu (kalo udah ada peluang beasiswa lebih besar)

Selanjutnya gw cari Universitas-universitas di Malaysia, gw cari professor-professor yang punya bidang research sama kayak gw..
Akhirnya gw dapet 1 professor yg bidang penelitiannya sama, di UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia)..
Langsung gw email prof.nya.. Isi email ke professornya :
"Dear Prof. xxxx
I hope this finds you well.

I am xxx from Indonesia.. I'm fresh graduate student from the Department of Electrical enginering at University of xxx

I saw your publications in several conferences which is discussed about antenna and I am very interested in doing research about antenna technology.

In my final project at Bachelor, I discussed about xxxxxxxxxxxxxxxxxxx

and I am interested to continue my studies and pursuing a master degree with this topic

 I hope you can shed a light on this issue. Thank you very much for your kind attention and I am looking forward to hearing from you at your earliest convenience.Thank you very much for your kind attention and I am looking forward to hearing from you at your earliest convenience.

Sincerely yours"


Gak taunyaa JENG JENG besoknya dibales, dan dia tertarik buat jadi pembimbing.. Senaaaaang!! Si prof. nyuruh gw daftar lewat pendaftaran online adn harus lolos seleksi berkas di UKM..
Tapi, yang amat disayangkan beasiswa baru bisa diberikan di semester 2..
Jadi semester 1 bayar sendiri duluu..
Yaudaahlaah yaa,, daftar online duluu kalo lolos seleksi berkas liat nanti aja gimanaa...

*wish me luck*


No comments:

Post a Comment