Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Universiti Brunei Darussalam


Waktu pertama mau berangkat kuliah ke sini sempet agak underestimate karna di sekeliling gw belum ada yang pernah kuliah di sini, apalagi kuliah di negara ini.. Tapi, bisa kuliah di sini juga harusnya bersyukuur banget bangeet..

Mulailah iseng nyari tau tentang UBD, dan you know whaaaaaat.. *jengjeng* Ternyata UBD merupakan universitas terbaik dan nomor satu di Brunei *uhuk*  Untuk segi kualitas, UBD gak kalah sama universitas-universitas terbaik di ASEAN kok..







Di UBD ada 11 Fakultas dan Institut, yaitu:

ACADEMY OF BRUNEI STUDIES
FACULTY OF ARTS & SOCIAL SCIENCES
FACULTY OF BUSINESS, ECONOMICS & POLICY STUDIES
FACULTY OF SCIENCE 
FACULTY OF INTEGRATED TECHNOLOGIES
SULTAN HASSANAL BOLKIAH INSTITUTE OF EDUCATION
PAPRSB INSTITUTE OF HEALTH SCIENCES
INSTITUTE OF ASIAN STUDIES
INSTITUTE FOR LEADERSHIP, INNOVATION & ADVANCEMENT (ILIA)
INSTITUTE OF POLICY STUDIES
SULTAN OMAR 'ALI SAIFUDDIEN CENTRE FOR ISLAMIC STUDIES (SOASCIS)

Untuk tenaga pengajar, mungkin sekitar 60% orang brunei dan sisanya berasal dari luar negeri (Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Sri Lanka, Vietnam, Bangladesh dll). Tapi, jangan salah dosen yang berasal dari brunei juga kebanyakan lulusan luar negeri seperti Australia, U.K dan Jerman. Jadi gak kalah saing sama universitas-universitas lain.

Untuk peluang kuliah di UBD khususnya beasiswa bener-bener terbukaaaa banget banget. Soalnya UBD sangat amat membuka peluang bagi masuknya mahasiswa asing dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Setiap tahun pemerintah Brunei selalu membuka progam beasiswa untuk mahasiswa asing. Untuk tahun 2013 ini dari Indonesia ada 5 orang: 3 orang di UNISSA (S2), 1 orang di ITB (S3), 1 orang di UBD (S2) *sayaa sendiri* *uhuk* abaaaikaaan.. Sedangkan untuk di UBD penerima beasiswa pemerintah tahun 2013 ada 20 orang.

Apa aja yang didapet dari beasiswa itu?
  • Gratis biaya kuliah
  • Uang bulanan : BND 650 (sekarang 1 BND = Rp. 8900)
  • Uang buku per tahun : BND 600
  • Tempat tinggal yang lumayan banget banget banget
  • Tiket sekali pergi-sekali pulang
  • Uang kesehatan
  • Lumayaaaan kaan? Lumayaan banget


Nah, kalau di UBD ada lagi namanya beasiswa GRS, buat yang mau nerusin S2 atau S3.. Benefit yang di dapat bebas uang kuliah dan dapat allowance sebulan BND 1500.. *pengeeeeeeeeeeeeeen*

Jadi gak nyeseeel kuliah disini.. Semoga lancaar deh yaaah kuliah di sinii.. Cepet selesai.. Amiiin amin amiin.. Semangaaaaat!!!

23 comments:

  1. Kak putri,,, bimbing aku untuk bisa mendapatkan beasiswa di brunei donk,,, pengiiiinnnnn bangeeettttt

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum, salam kenal Putri. Saya penasaran, apakah shollarships ini ada tes dan wawancaranya, kalau ya, dimana? Apakah skor TOEFL untuk Ph.D program di UBD (institut pendidikan sultan HB) itu 550 atau 600? Saat ini saya sedang studi Master di Bandung. Terimakasih sudah membaca komentar saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya ada seleksi berkas dan wawancara via skype.. Kalo TOEFL setau saya semua 550, kurang tau kalau ada syarat khusu tiap major.. terima kasih

      Delete
  3. hallo, permisi... saya ingin mengajukan beasiswa ke brunai tahun ini, aku bisa minta kontaknya kak putri gak? Aku ingin bertanya2 tentang beasiswa dan pengalaman kak putri berkuliah disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo berkuliah disana selama kbm pake bahasa inggris apa bahasa lokal kak putri? Dan essaynya dulu kakak isinya bagaimana dan tentang apa?

      Delete
    2. pakai bahasa inggris...
      essay dulu tentang apa yang mau dilakukan kedepannya...

      Delete
  4. Assalamualaikum..
    Misi kak putri, btw di universitas brunei darussalam ini ada jurusan psikologi nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau cek jurusan apa aja, dilihat di website UBD aja. di www.ubd.edu.bn

      Delete
  5. kak putri bisa minta kontak via fb nya ?
    atau instagram

    ReplyDelete
  6. assalamualaikum.. salam kenal kak putri, saya berencana melanjutkan master di UBD juga :)

    ReplyDelete
  7. Asslam kk , kk , kk skrg d UBD kan ya? Insyaallah saya akan lulus SMA tahun 2017 , dan saya memiliki rencana utk melanjutkan kuliah ke brunei , bisa tlg bantu kasih info ngk kk,?
    Tlg bls y kk

    ReplyDelete
  8. Asslam kk , kk , kk skrg d UBD kan ya? Insyaallah saya akan lulus SMA tahun 2017 , dan saya memiliki rencana utk melanjutkan kuliah ke brunei , bisa tlg bantu kasih info ngk kk,?
    Tlg bls y kk

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum kak, kak aku mau nanya kalau di ubd ada jurusan farmasi nggak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau. Tapi coba bisa diliat di website UBD. Disana ada jurusn-jurusan yang dibuka di UBD.

      Delete
  10. Salam. Saya nirma kak, mau tanya. Apa di fakultas PAPRSB INSTITUTE OF HEALTH SCIENCES itu ada jurusan kedokteran yang nanti menghasilkan lulusan dokter ?
    Setau kakak, univ apa saja di brunei yang ada jurusan kedokterannya ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum kak putri, boleh minta alamt email nya, saya mau tanya2 seputar beasiswa ubd kak, trimakasih, wassalamualaikum, mohon dibalas ya kak

    ReplyDelete
  12. bagus.. bermanfaat bagi peminat

    ReplyDelete
  13. Kak, saya masih kelas xii sma. Bisa nggak daftar shcolarship di brunei. Saya udah dapet formulirnya. Tapi saya nggak punya TOEFL gitu gimana kak?

    ReplyDelete
  14. bisa minta emailnya nggak kak?

    ReplyDelete
  15. Kak Putri, bisakah saya minta kontak pribadi (email) Kak Putri? Saya ada beberapa pertanyaan terkait beasiswa di Brunei. Kalau Kak Putri berkenan bisa mengontak saya juga melalui email di nazizah87@gmail.com. Semoga Kak Putri membaca komentar ini.

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum. Apakah di UBD ada jurusan Tafsir Alqur'an

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum untuk apply beasiswa disana essay nya pake bs.Inggris apa indonesia ya? Tolong infonya makasih

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum
    Saya mau tanya dulu kak putri daftar beasiswa pakai agen atau mandiri kak??

    ReplyDelete