Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Uniknya Brunei Darussalam

  Pertama kali sampai di negara ini, sampai udah nyaris 3 minggu disini, bener-bener kagum sama negara ini, unik dan beda banget sama negara-negara lain..

  • Sistem Kerajaan
Brunei menganut sistem kerajaan, dimana yang berkuasa adalah raja. Yang paling dikagumin betapa rakyatnya benar benar menghormati raja (sultan). Pertama kali sih sempet bingung dan ngerasa aneh.. Tapi, pas beberapa hari yang lalu ketemu langsung sultan dan crown prince barulah ngerti kenapa sultan begitu di puja.

Di mata saya orang luar negara ini, Sultan Yang Dipertuan Negara Hassanal Bolkiahbener-bener orang yang humble-nya luar biasa.. Disaat di negara-negara lain kalau ingin bertemu pemimpinnya susah banget, ada jarak yang dipisahkan sama bodyguardnya, disini sultan dan crown prince gak segan-segan membaur sama rakyatnya.. Salaman, ditarik-tarik buat foto bareng daaaan bodyguardnya cuma memerhatikan dari jauh.. Sebegitu amankah negara ini?

Bahkan saya pun bisa berfoto dengan crown prince, pas banget crown prince disamping saya, langsung saya bilang "can you take a picture with us?" dan secara langsung crown prince diri di samping saya dan "selca" bareng.. 
Coba kalo di negara lain, bisa kaya ginikah?

  • Rokok? *no!!!*
Kalo di negara lain, ngerokok di sembarang tempat sering banget di liaat.. Mau di tempat umum atau dimanapun bisa ditemukan orang yang merokok.. Dan rokok pun dijual bebas di negara saya.. Tapi disini sampai detik ini saya belum pernah melihat orang merokok.. Denger-denger dari orang brunei langsung, katanya bila ketahuan rokok di tempat umum kena denda yang lumayan besar... Dan katanya susah kalau beri rokok disinii.. Harganya mahaal luar biasa dan cuma ada di 2 tempaat.. 

  • Kehidupan Malam
Kalau yang terbiasa sering keluar malem waktu di Indonesia, misalnya nongkrong di cafe atau mungkin ada beberapa orang yg seneng ke club malam, disini jam 9 pun udah sepii.. Penjualan dan penggunaan minuman keras diharamkan dan ditindak keras.. Gak ada yang namanya club malam disinii.. Saluuuuut superrr buat negara ini... Kalo saya maah gak suka keluar-keluar maleem enakkan dirumaah, nonton tv, internetaan XD

  • Pajak
Selama saya belanja di supemarket sini, ataupun makan di restoran-restoran di mall.. Pas nge-cek bill-nya ternyata gak ada pajaak sama sekalii.. WOOOOOW.... ngebayangin kalau di negara sendiri tiap belanja atau makan kena pajak 10%.. Kalau disini free free free.. XD

  • No KONSER!!
Kebiasaan saya waktu di negara sendiri, seneng banget nonton konser-konser.. Terutama korea.. hahahah.. Tapi, disini jangan harap bisa nonton konser.. Denger-denger konser pertama dan terakhir yang diadain disini itu konser MJ tahun 90-an.. Sepertinya hobby saya yang suka nonton konser bakal tertahaaan sampe 2 thn.. hhiiikss..
Apa ke singapore ato Malaysia ajaa yaaa?

  • Mall
Yang punya hobby belanja n ke mall, negara ini bener-bener gak cocok buat anda.. hahah.. mall disini kalau gak salah ada 2, Gadong dan Yayasan.. Yang paling bagus ya paling Mall yayasan.. Tapi, jangan berpikiran mall disini sama mall di jakarta yaa.. karna bedanya 1:10.. ini seriusss... Beruntunglah saya yang gak doyan belanja dan gak suka pergi ke mall.. Jadi anggep ini biasa ajaa.. 

Mall Yayasan

Mall Gadong

  • Gak punya kendaraan = penjara
Disini semua orang bermobil, saya bosen liat mobil-mobil mewah lalu lalang disinii.. hahahah.. Kalau ngeliat motor apalagi sepeda baru heboh sendiri..
Kalau di jakarta, angkot dimana-mana, kalo disinii..... yaaaaah, jgn ditanya daah.. hahaha..
Public transportation-nya cuma 1 si purple bis.. Kalo mau naik ini pun harus nunggu 1 jam..


Jadi kebayangkan kalo gak punya kendaraan dan tinggal di brunei? berasa dipenjara di rumah sendiri, gak bisa kemana-mana, cuma nunggu orang-orang baik hati yang ngajak jalan-jalan naik mobilnya..
Ada sih taksi disini, tapi jangan ditanya yaah harganyaa.. mahaal XP
Kenapa banyak mobil disini? karna disini mobil murah BND 3000 pun bisa dapet mobil.. dan bensin disini murah.. Seliter cuma BND 0.50..

  • PANAAS!!
Cuaca disini panasnya melebihi jakarta dan surabaya.. Jadi kalau kesini siap-siapin aja sunblock.. dan kalau kemana-mana sangat amat disarankan bawa payung dan botol minuum... tapi, tenang aja disini semua ruangan ber-AC...




4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Keren... Postingan yang informatif dan menarik
    Saya juga punya niatan untuk melanjutkan studi di Brunei Darussalam.

    ReplyDelete