Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Beasiswa Brunei................ *edisi curhat*

Tiba-tiba pagii pagii buta ngepost kayak gini gara-gara abis buka fanpage.. 
Seperti yang kalian semua tau kalau lagi pada heboh-hebohnya masalah beasiswa Brunei..
Urus ini, urus itu, tanya sini, tanya situ... Terus nanya ke fanpage, si admin jarang bales, email aku lama juga balesnya, deadline bentar lagii and bla bla bla...

Aku disinii bersedia membantu kalau kalian ada kesulitan dalam pengurusan beasiswa..
Tapii, ada beberapa yang harus kalian tahuuu... (edisi curhat pagi buta :p )

Pahami proses beasiswa terlebih dahulu.
Jadi, aku udah ngepost link beasiswa dari MOFAT dan aku juga udah kasih FAQ ke kalian untuk mempermudah menjawab hal-hal yang sering banget ditanyaain.. Jadi dibaca duluu link dan FAQ yang udah aku kasih.. Kalau ada yang nanya ke aku dengan pertanyaan..
"Kak, proses beasiswa gimana?"
"Jurusan ini ada gak kak?"
"sampai kapan dibuka beasiswanya"
dan masih banyak lagi... Rasanya aku mau LOMPAT HARIMAU dari lantai 5 kamar aku.. T__T .. coba yuk kalian buka link yang aku kasih dan FAQ-nya itu udah super duper jelas..

Sabar
Banyak beberapa yang email, via FB or fanpage nanya berkali-kali, terus ada yang sampe bilang 
"Please min baleeees"
"kak jawab dong"
bukaan gak mau balesss cepet, tapii emang penelitian lagi padat bangeet, ini juga nyempetiin diri buat bales pertanyaan kalian satu-satu.. Apalagi kami cuma berdua dan lagi musim ujian.. kan gak bisa kita 24 jam di depan laptop buat jawab dengan cepat pertanyaan kaliaan.. :(

Jangan pernah minta contoh formulir
Hal yang paling menguras jiwa raga dan nge-BT-in adalah saat banyak yang minta contoh formulir, ada juga minta dikoreksi sampe kirim berkasnya ke aku, terus ada yang minta buatin essay di formulir.. Nyediaiin contoh formulir adalah salah satu hal yang gak akan aku lakuin.. karena aku mau kalian mandiri dan gak disuapin melulu... Apalagi sampe buatin essay rasanya mau langsung berenang di laut depan apartemen..

Menanyakan pertanyaan teknis
Karena program beasiswa ini bukan dari pemerintah brunei (MOFAT) dan kami juga disini hanya sebagai mahasiswa yang ngebantu... Jadi jangan tanyakan pertanyaan teknis, seperti...
"Kak, kalo TOEFL aku kurang bisa lolos gak?"
"endorse-nya gak boleh di diknas deket rumah"
"Kak, kalau misalnya telat dari tanggal 15 des, masih bisa diterima gak?"
"kalau aku dari jurusan A, mau ke jurusan B boleh gak ya?"
*mari mengelus dada* kamiii gak ngertiii :(

Sopan
Naah, ini yang penting banget... Biasakan bertanya dengan sopan dan mengucapkan terima kasih.. Bikin males adalah kalau nanya dengan kesan memerintah, pake tanda seruu banyak terus sampai berkali-kali.. Yaampuuun, sedih deh niat nolong malah disuruh-suruh,,,,


Jadi intinya please mengertii kami yaa, kalau kami ada salah-salah jawab, atau kami gak tau, mohon dimaklumi.. Karena kami juga menjawab sesuai dengan pengalaman kami waktu kesini.. FYI, dulu aku daftar beasiswa gak pake acara tanya sana tanya siniii loooh, sendiri aja dan emang aku rasaaaiin berat banget gak ada bantuuan.. Makaanya aku dengan senang hati berbagi pengalaman, tapi please pengertiaannya yaa teman-temaaan... :)

Good Luck and Semangat.. :)

2 comments:

  1. iya kak, sya baru mau nyoba (lg nungguin sept-nov), insya alloh gak nanya yang aneh2, :D

    ReplyDelete
  2. kak boleh minta emailnya??, makasih sebelumnya

    ReplyDelete