Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Perbedaan Mahasiswa/i di Indonesia dan Brunei

November akhir adalah masa-masa Final Exam (UAS) buat seluruh Universitas di Brunei... Pas ngobrol-ngobrol sama orang brunei dan orang Indonesia yang udah lama tinggal di brunei tentang masalah Final Exam, aku ngerasaaiiin perbedaaan luar biasaaaaa antara Student di Indonesia dan di Brunei..
Bedanya apaaa siiih?



Pertama

Brunei
Perbedaan yang sangat amat mencolok adalah sebelum ujian mereka ngadain kayak shalat berjama'ah di Mesjid Kampus dan supaya diberi kelancaran ketika Final Exam berlangsung..
Indonesia
Yaaah boro-boro ada shalat berjamaah, sebelum Final Exam yang ada kita asik ngumpulin catetan dan FC semua catatan temen yang rajin nyatet.. Berdoa sendiri-sendiri.. Padahal sebenernya bagus loooh yang diterapin sama student disiniii, jadi rohani-nya keiisii gituuu...

Kedua

Brunei
Semua kegiatan mahasiswa (UKKM/Club) diselesaikan sebelum 2 minggu ujian.. Artinya 2 minggu sebelum ujian dan selama ujian berlangsung, gak ada yang namanya kegiatan Club, hanya fokus ke Final Exam..
Indonesia
Vakum kegiatan mahasiswa pas mendekati final exam? kayaknya gak ada deeeh... hahahhaa.. Bahkan kadang-kadang pas lagi musim Final Exam, suka tetep ada rapat-rapat atau tetep latihan walaupun gak sesering pas lagi ujiaan... Bahkaan masih nerima job tampil pas lagi musim Final Exam

Ketiga

Brunei
Selama musim Final Exam, gak ada yang namanya jalan-jalan, nongkrong atau apapun namanya.. hanya fokuuuuus belajar.... Keinget cerita dari temen Brunei...
Aku : Jadi kalau exam hanya belajar sajakah?
B     : Iya putri, just focus to your exam.. di rumah sahaja,, belajar putri
Aku : Tak boleh main kah?
B     : kan Exam..
Aku : Why?
B     : ya belajar..
Aku : tapi masa belajar terus...
B     : *frustasi seketika*
Ada lagi pas ngajakkin Khansa (mahasiswi Indonesia yang lama di Brunei) buat nongkrong di minggu Final Exam..
Aku : Khans maen yuuk
K     : Aku ujian kak
A     : Lah terus? ujian ya ujian, main ya main..
K     : kan belajaar...
A     :emang kalo exam gak boleh kemana-mana? nongkrong and so on so on?
K     : materinya kan banyaak kak..
A     : laaah, dulu aku waktu S1 juga materinya banyaak..
~~~~~gak selesai-selesaaaaai~~~~~
Indonesia
Sedangkan di Indonesia, hari ini ujian pagi, besok ujian siang... Selesai ujian pagi ngapaain? Pulang ke rumah langsung belajar? Nggak sama sekali... Malah nongkrong dulu... hahahha.. Jalan-jalan, nongkrong, nonton gak berpengaruh sama ada tidaknya Final Exam...


Akhirnya aku mikir kenapa bisa semenakutkannya Final Exam itu... Sama kayak lagi ngadepin UN waktu sekolah... Apa karena ujiannnya menggunakan bahasa inggris? Gak jugaa... karena waktu kuliah S1 dulu ujian aku kebanyakan menggunakan bahasa inggris... Dan setelah berdiskusi dengan Khansa akhirnya disepakati kalau ini udah jadi KEBIASAAN para mahasiswa Brunei, dan si Khansa yang udah bertahun-tahuun tinggal di brunei pun akhirnya kebawa dengan sistem belajar mereka..

"Dulu, waktu aku SMP di Indonesia aku juga gitu kak.. Tetep jalan-jalan pas lagi Exam, gak ngaruh.. Tapi, pas sampai sini gak tau tiba-tiba berubah kayak gituu"

So, jadi bisa diliat kalau Final Exam disini adalah ujian yang Menakutkan... Kalau di bandingin dengan mahasiswa Indonesia yaaa beda bangeet... Kebanyakan menganut SKS (Sistem Kebut Semalam) ataauuu kalau yang cowok-cowok Sistem Kebut Sejam (belajar satu jam sebelum ujian)..

Sistem mana yang bagus? tergantuung siih ya sebenernyaa... Tiap orang punya cara belajar sendiri dan tiap orang pun beda-beda dalam menyikapi musim Final Exam.. Mungkin kalau di Indonesia, kita lebih santaaai.. hehehehe...

Selamat Ujiaaaan temen-temen!!

No comments:

Post a Comment