Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Uniknya Brunei Darussalam (Part 2)

Setelah pernah ngebahas tentang Uniknya Brunei Darussalam (part 1).. Akhirnya sekarang bisa ngebahas tentang ini lagii... Apa lagi sih yang unik di Brunei? 

Agro Park Brunei

  • Lah - Bah - Awu
Kalau kita di brunei dan ngobrol sama mereka ada beberapa kata yang sering mereka ucapin, seperti Lah, Bah, dan Awu.. Yang unik adalah saat berbicara bahasa inggris sama mereka, di setiap kalimat selalu diakhiri kata Lah.. Misalnya "you can call me lah..." "come to my office lah.." daan masih banyak lagi,,, Selain itu mereka sering menggunakan kata Bah, ini bisa diartikan mungkin maksudnya Oke.. Tapi terkesan lucu di telinga pas lagi menjelasin sesuatu ke mereka dan mereka jawab "Baaah.. bah... baaah...".. 
Yang hampir sering membuat aku salah paham adanya kata-kata Awu... Ceritanya lagi whatsapp-an di group yang isinya orang brunei semua.. pas aku tanya sesuatu jawabnya Awu terus... Di Indonesia, kalau kita bilang Awu, artinya ya gak tau.. atau bodoo aah... sempet kesel pas sering digituin.. dan ternyata baru tau kalau Awu itu artinya Iya... heheheh

  • Baju Melayu or Jubah
Dulu waktu aku kuliah atau lagi jalan-jalan ke Mall.. Pasti pakai pakaian kayak kaos, jaket, kemeja, jeans.. Pas pertama kali disini sempet kaget karna mereka ke kampus pake Baju Melayu gitu atau kadang-kadang pakai jubah (baju gamis lurus).. Mungkin kalau di Indonesia anak-anak muda gak ada yang pakai baju misalnya baju traditional ke kampus, contohnya pakai kebaya gitu... hehehhe... big no banget... atau pakai jubah hitam-hitam ke kampus... tambah gak mungkin lagi.. Biasanya baju model jubah kayak gitu bakal dipake kalau acara Lebaran atau ada acara pengajian.. Kalau disini ke kampus atau ke mall mereka pun kadang-kadang pakai jubah..

  • Nyebrang jalan
Ini yang paling aku salut sama disini.. Kalau kita mau nyebrang jalan dan ada mobil mau lewat, bukan kita yang tunggu mobil lewat baru nyebrang.. Tapi si mobil bakal nunggu kita sampe nyebrang.. Bahkan kalau dari jauh mereka udah mau liat kita nyebrang, mereka langsung berenti dan mempersilahkan kita jalan... Pernah denger cerita dari senior, dia dan temennya iseng mau ngetes hal ini.. Jadi pas nyebrang, senior dan temannya nutup mata dan jalan pelan-pelan... Dan mereka pun berhasil nyebrang dengan selamat dengan 4 mobil yang berenti nunggu mereka nyebrang tanpa ngebunyiin klakson..

  • Sepiii
Jangan ditanyakan lagi sepinya brunei kayak apa.. Kalau kalian tipe yang suka keramaian, Brunei tempat yang tidak disarankan.. kalau yang suka suasana damai, tenang, Brunei sangat amat aku sarankan.. Apalagi aku yang tinggal di The Core UBD.. Terasa banget sepinya pas lagi musim liburan.. Karena kalau aku ke kampus di musim liburan bukan di temani orang-orang,, tapi monyet-monyet saking sepinya... Selain itu kalau lagi ke Mall hal yang paling susah disini adalah cari tempat parkir, banyak banget mobil tapi pas ke dalam Mall yaa banyak orang siih.. tapi gak serame Mall di jakarta.. Bagi aku tetep terukur sepi,.

  • Motor
Hampir setahun disini, fakta baru yang aku dapatkan mungkin bisa diitung pakai jari kapan aku lihat sepeda motor lewat dijalan... Sekalinya lewat Harley Davidson *glek* atau motor-motor balap lainnya.. 

  • Hari Libur
Aku udah pernah bahas belum yah, kalau jadwal libur di Brunei itu beda... Kalau di negara Lain jadwal libur itu Sabtu-Minggu.. Tapi kalau di Brunei Jum'at dan Minggu (Sabtu masuk).. Karena hari Jum'at ada shalat jum'at jadi di liburkan.. Semoga toko, mall dan tempat makan juga ditutup pas jam shalat Jum'at itu..

2 comments:

  1. Ass kak putri. Salam kenal aku mutia, boleh minta bimbingan kakak utk mengisi formulir mofat? Mohon bantuannya kak di email sy andimeuthiazulfaidah@icloud.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete