Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Sayangi Ginjal Kalian dari Sekarang

1 tahun yang lalu tepatnya sekitar bulan febuari, orang nomor satu yang paling aku sayang (nyokap) sakit sampai harus dirawat di RS beberapa hari.. Setelah dilakukan beberapa pemeriksaan, beliau diharuskan menjalani Haemodialisa (HD) atau yang biasa kita kenal Cuci Darah.. 

Sempet gak setuju saat dokter menyarankan untuk HD, karena dipikiran aku HD itu sesuatu hal yang sangat amat menyeramkan, dimana darah kita dikeluarin dan dimasukkin lagi ke dalam tubuh.. Aku salah satu yang menolak tegas kalau beliau nerima pengobatan HD, karna setau aku kalau udah HD selamanya akan HD terus.. Setelah dapat penjelasan dari orang-orang sekitar, dari dokter dan suster jugaa.. Akhirnya aku pun setuju beliau di HD karna itu satu-satunya cara terbaik..

Tiga bulan pertama HD itu udah perjalanan paling berat, karena beliau harus dipasang alat, berupa selang di bagian bahu untuk dikeluarin darahnya... Itu udah sampai dua kali cabut pasang karena yang pertama alat-nya gagal (darah gak bisa keluar) sampai pemasangan ketiga ditaruh di leher dan Alhamdulillah bisa dipake buat HD..

Tapi, gak berenti di situ aja, pemakaian alat sementara itu ngebuat beliau selalu meriang kedinginan setiap HD, dan setiap demam tempat tidur sampai getar hebat karna badan beliau yang menggigil.. Akhirnya diputuskan cabut alat itu karena beliau gak kuat tiap HD menggigil.. Dan dokter menyarankan masang Cimino di tangan... Cimino itu penggabungan pembuluh darah arteri dan vena, jadi ketika dilakukan HD, jarum ditusuk disana..

Karena pada saat itu, aku yang paling punya waktu free time (baru lulus kuliah dan nunggu panggilan beasiswa) jadi aku yang selalu ikut kemana-mana ma beliau, dari operasi satu ke operasi lainnya.. Ngeliat gimana beliau harus nahan sakit ditusuk pas HD..

Selama nemenin beliau HD, selalu dapat banyak cerita tentang beberapa pasien HD dan banyak cerita yang ngebuat aku kaget... Karena kesalahan dan kecuek-an kita terhadap kesehatan tubuh, itulah yang menyebabkan mereka harus HD..

Salah satu pasien namanya Mba Eka, dia cerita dulu dia kerja di restoran dan suka banget minum-minuman bersoda.. Dalam sehari dia bisa sanggup ngabisin 5 botol 1.5 L soda.. Dan akibatnya ginjalnya rusak dan harus cuci darah..

Pasien lain, namanya Lita, dia masih SMA, ginjalnya rusak karna dia keseringan minum obat pengurus badan... Lama kelamaan ginjal rusaknya dan harus cuci darah.. Kasus lain, namanya Fikri, dia baru banget lulus SMA.. Selama kelas tiga, persiapan UN, dia sering banget begadang buat belajar terus buat jaga staminanya, dia slalu minum kratieng**** atau minuman-minuma semacam itu.. Jadi walaupun dia harus begadang belajar dia tetep seger ke sekolah.. Akhirnya ginjal rusak..

Banyak banget cerita lain dari pasien HD yang aku kaget ternyata kayak gitu bisa bikin ginjal rusak..
Tau kan kalau sebaiknya kita minum air putih 6-8 gelas sehari? Karena dengan begitu kita bisa membantu ginjal kita agar tetap sehat...

Gak mau kan harus HD? Seminggu dua kali, ditusuk jarum buat HD, belom lagi obat yang biasa disebut "3serangkai" harus diminum sehari tiga kali.. Belum lagi kalau kalian udah HD, kalian harus jaga asupan air, gak boleh banyak minum dan makan-makanan berkuah.. Makan buah pun yang banyak airnya juga gak boleh.. Banyak banget pantangaannya...

Jadi, mulailah jaga kesehatan diri sendiri, Ginjal salah satunya.. Jangan minum sebelum haus, gak masalah harus bolak balik ke kamar mandi daripada kita tahan minum yang berakibat ginjal rusak.. Jangan minum-minuman beralkohol, merokok dan minum obat sembarangan yang belum tau asalnya gimana.. Jaga ginjal kalian sebelum terlambat...

No comments:

Post a Comment