Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Hadrah Club, Universiti Brunei Darussalam

Setiap universitas tentunya pasti ada UKKM kan, atau kegiatan diluar mata kuliah yang diikutin setiap mahasiswa.. Nah, waktu jaman kuliah S1 duluu, sempet ikut UKKM Saman dan bertahan dari awal masuk sampe udah lulus dari kampuss.. Kayaknya kalo seminggu gak Saman berasa kangennya luar biasa.. hahahha

Nah, sampai di sini, pengen banget ikutan Club.. Karena bosen kaan namanya ambil kuliah yang research, temennya itu-itu ajaa dan gak ada kelas.. Jadi, nyari temen yang lain dengan ikutan club..
Sempet bingung mau ikutan Club apaa.. Secara banyak banget club disini (sekitar 60an club), seperti writer club, UBD ijau club, Bimbingan Al-Quran club, Hadrah Club, International Club, Pendeta Bahasa, BPKMAPB, BPMFASS, Warisan club, UBD korean club, UBD sawasdee club, UBD choir club dll..

Akhirnyaa aku milih ikutan Hadrah Club


Apa itu hadrah club?

Nah, kalian tau marawis kan? Hadrah club ya setipe itu laah.. Kita pakai Tar sebagai alat musiknya.. Jadi disini menggabungkan dzikir dan nasyid gitu pake pukulan yang dihasilkan oleh Tar..

Tar? Itu apa?

Tar itu alat musik Hadrah, bentuknya kayak rebana.. Aku waktu pertama kali ikut, aku bilangnya rebana.. kata mereka rebana dan tar itu beda.. katanya suara yang dihasilkan rebana n tar beda.. tar lebih nyaring..


Kenapa milih ikut hadrah, padahal waktu di Indonesia males banget ikutan kayak marawis-marawis gitu.. Ceritanya sampe sini mau nyoba hal hal yang baru, kalau bisa club yang gak bisa aku temuin di Indonesia.. Sempet berniat ikutan Korean Culture Club, trus mikir "hello putrii hidup lo korea abiis" hahahaha.. setelah nyari tau tentang kesenian kesenian khas brunei, jatuhlah ke tiga pilihan Hadrah Club, Gulingtangan Club atau Tari traditional brunei.. 

Pertama yang aku liat tari traditional brunei, mereka sempet ada showcase jadi aku bisa tau gimana club-club itu.. Pas aku liaat, oke fikkks aku ngantuuuuk... Mungkin karena kebiasaan tari saman yang super cepet, jadi ngeliat tarian yang kayak gitu bawaannya ngantuuk.. Lagian putri gak se feminim gitu sampai bisa nari luwes kayak mereka *padahal dari jaman kecil sampe SD penari traditional.. hehehe*

Yang kedua nyoba ke gulingtangan club.. Club ini di rekomendasiin banget sama Miss Sendy (salah satu puan di bagian international student).. Miss sendy suruh aku ikut ini aja dan nyuruh aku dateng hari rabu jam 2.. Tapi, setelah 2 minggu berturut-turut aku gak bisa menemukan dimana letak club ini latihan.. Jadinya maleees..

Nah yang terakhir hadrah club.. Kalo ini pas banget tiba-tiba di grup UBD, mereka lagi promo ngasih video tentang hadrah.. Setelah tau jadwal dan dimana mereka ngumpul.. Akhirnya aku dan khansa (khansa aku paksa ikuut nemenin yang berujung dia ikutan hadrah club sampe sekarang.. hahahha *peace*) dateng ke sana dan sampai sekarang masih setia sama Hadrah Club..

Hal yang lucu selama ikutan club ini adalah mereka gak tau awalnya kalau kita orang Indoesia.. Mereka masih ngira kita orang Brunei, setelah pertemuan kedua, mungkin mereka denger bahasa aku dan khansa yang beda banget sama gaya dan logat mereka.. Setelah itu, barulah mereka tau kita berdua bukan orang Brunei, seketika mereka ngomong sama kita langsung pakai bahasa inggris, karena mereka takut kita gak ngerti bahasa merekaa.. Tapi, setelah lama kumpul sama mereka mulai bisa dikit-dikit memahami, walaupun kalau gak ngomong sama mereka membutuhkan jeda buat memahami dan menjawab.. hehehe

Hal lucu lainnya adalah lagu yang dibawaain mereka.. Ceritanya Amir *pimpinan club untuk laki-laki* bilang kalau hadrah juga bisa pakai lagi-lagu lain selain lagu Islami, salah satunya lagu Sekuntum.. Aku dan Khansa udah antusias banget mau denger.. Diawal dari pukulan pukulan pertama.. Dan tiba-tiba yang mereka nyanyikan... Sekuntum mawar meraaaaaah... aaaa~~ yang kau berika kepadaku... dengan cengkok dan logat brunei mereka.. Tanpa sadar aku dan khansa bengong dan nahan ketawa.. Karena aku baru tau maksud mereka lagu sekuntum adalah lagu Sekuntum Mawar Merah,  -  Lagu dangdut Indonesia.. dan terus mereka bilang ini lagu Indonesia ni putri.. Lagunya elvi sukaesih.. Hmhmhm, oke... aku tau lagu Sekuntum Mawar Merah, tapi aku gak tau siapa yang nyanyiin.. 

Sampai sekarang aku masih bergabung dengan Hadrah Club.. Biasanya kita tampil di showcase-showcase gituu.. atau ada acara penyambutan, seperti menyambut Sultan atau tamu-tamu penting yang datang ke UBD..

Hadrah Club (minus khansa)

Hadrah Club with Vice Chancellor



No comments:

Post a Comment