Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Berobat di Brunei Darussalam

Akhirnya sempetin nulis lagi di blog.. Kali ini bukan karna sibuk yang melanda, tapi karna kodisi fisik yang gak memungkinan jadi harus istirahat totaal.. heheh.. *oke abaikan fokus sama judul*.. Pengen banget nulis tentang ini dari awal banget, waktu sempet anterin temen dari vietnam berobat ke hospital,, Tapi, karena gak merasakan langsung jadi belom ada pengalaman.. Bukan ngarepin sakit parah terus harus ke hospital yaa.. -____-



So, dimulai dari pengalaman aku yang dengan sangat terpaksa harus ke hospital disini.. Singkat cerita, sempet sakit beberapa hari dan akhirnya senior menyarankan untuk pergi ke klinik.. Niat awal ke klinik, tapi setelah berbincang-bincang sama senior yang udah lama tinggal di brunei, beliau menyarankan untuk langsung ke hospital karna lebih cepat penangannya..

Berangkatlah kami ke "Raja Isteri Pengiran Anak Saleha Hospital" atau bahasa kerennya kita biasa sebutnya RIPAS.. Hospital ini adalah national hospital di brunei.. Ada beberapa hospital disini, kalo gak salah ada sekitar 4 hospital milik pemerintah.. dan beberapa milik swasta.. tapi yang milik swasta gak terlalu banyak kayak milik pemerintah.... hmhmhmhm okee... sebenernya dikiit siih dibandingin sama jumlah hospital di Jakarta.. :D

Pas pertama kali dateng, langsung ke bagian pendaftaran.. Karena belum punya KAD PERJANJIAN, akhirnya diminta isi borang dulu.. Nah, setelah itu mereka minta ke bagian registrasi atau semacam kasir aku rasa.. Terus di tanya beberapa pertanyaan, kasih unjuk IC dan kata si puan bayar 3 BND (saat ini 1 BND = Rp 9500).. Setelah dapet Kad, kad yang kita punya ditaruh di meja antrian gitu entar dipanggil.. Naah, mungkin karna pas kesana hari minggu jadi lumayan rame dan cukup lama.. Akhirnya kira-kira setengah jam, nama aku dipanggil dan masuk ke ruang pemeriksaan awal..

Di ruang pemeriksaan awal ini kita belum ketemu sama dokternya, jadi kayak ketemu perawatnya dulu.. Sama dia ditanya sakit apa, keluhan apa, terus ditensi dan diukur suhu tubuhnya.. Aku kasih tau sama Bruder-nya sepertinya aku sakit ini dan bla bla bla... Terus sama bruder dikasih obat sama minum karna ternyata badan aku panas.. Setelah pengecekan awal, kita dikasih nomor antrian dan disuruh nunggu lagi..

Mungkin agak lama sekitar setengah jam lebih, giliran aku masuk ketemu dokter.. Agak sedikit males sebenernya karna dokternya laki-laki.. Karena kata senior aku, kemungkinan aku kena chicken pox pas liat badan aku, dan gak mungkin kaan aku nunjukkin di depan dokter.. -___- Terus aku jelasin ke dokter dan bla bla blaaa... Dokter bilang, dari gejalanya kemungkinan aku emang kena chicken pox.. Terus dokternya bilang kalau dia harus liat bentol-bentol yang di badan aku, sempet pengen protes masalaahnyaa gak nyaman aja... dan mungkin dokter ngeliat raut wajah aku yang berubah.. terus dia bilang nanti suster yang liat si dokter nunggu diluar.. Datanglah si suster, setelah di cek si suster, si suter bilang ke dokter dugannya bener..

Akhirnya dokter nyuruh istirahat total, awalnya dia bikin surat cuti sakit 6 hari, aku protes minta 3 hari aja.. *keinget banyak meeting dan ada convo minggu ini* kata dokter gak bisaa.. eeh, malah dibuat 8 hari.. *oke malah lebih lama* Setelah itu dokter bilang ambil obat gitu di loket obet-obatan..

Setelah keluar dari ruangan dokter, aku langsung ke loket ober kasih unjuk KAD.. Obat udah ditangan abis ituu bayar? Enggak.. Langsung pulang gitu ajaa.. Gak bayar apa-apa lagi.. Gak bayar dokter, gak bayar obat.. Cuma bayar 3BND itu juga buat bikin KAD, karna aku pasien baru..

Mungkin kalau aku penduduk lokal, mungkin aku biasa aja.. Tapi, aku mikir aku cuma penduduk asing yang kebetulan lagi sekolah disini dan ternyata masalah kesehatan nggak diperlakukan sebelah mata..

Terus, pas aku tanya senior aku yang lama tinggal di brunei, katanya emang disini biaya kesehatan murah *kalau punya IC brunei* kemarin aja anaknya sakit sampe ke dokter spesialis itu gak bayar jasa dokternya.. Langsung ngebayangin kalo lagi berobat di Indo.. Sakit demam aja ke dokter minimal ngeluarin 100ribu, itu juga di klinik.. Cuma konsultasi di dokter apalagi mahalnyaaa... Apa kabar di hospital kan yaa... Semoga kedepannya Indoesia bisa kayak ginii...


No comments:

Post a Comment