Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

English Class with Blue-Collar Indonesia

Dulu pas sampai di Brunei, aku punya keinginan buat ngajar teman-teman blue-collar di Brunei. Tapi, entah kenapa banyak banget hambatannya.. Dari pihak atas yang gak memfasilitasi kami dan minimnya orang-orang di sekitar aku yang tergerak hatinya untuk mau ikutan gabung.

Akhirnya tanpa disengaja, aku ketemu sama beberapa orang yang mempunyai pemikiran yang sama dengan aku (dan akhirnya terbentuklah genk LDR yang kemana-mana bareng sampe bosen) *eeeeh salah fokuuuuus... hehehehhe* Daaaan setelah ngobrol-ngobrol ternyata mereka selama ini ngajar Bahasa Inggris untuk para blue-collar Indonesia yang di Brunei.. Aku pas tau senengnya luar biasaaa, karena ini ngebuka akses aku untuk mewujudkan salah satu keinginan aku..


Setelah beberapa kali ikutan ngajar bahasa inggris buat mereka, sejujurnya aku ngerasa tertampar dan malu sama mereka..


kenapaaa?

Jujur kegiatan ini gak ada bantuan dari pihak kedutaan, ini murni keinginan para teman-teman BMI (Buruh Migran Indonesia) untuk membentuk kelompok belajar. Hal ini yang ngebuat tempat belajar kami pindah-pindah.. Pertama kali English Class ini diadain di rumah salah satu orang Indonesia, namanya Om Jelly dan Tante Santi, tapi mereka sekarang udah pindah ke Thailand.. Kami puun terombang-ambing nyari tempat buat belajar.. Dan kami pun berujung belajar di emperan Mall Yayasan.. S.e.r.i.u.s... kami belajar di emperaan toko-toko di Mall itu.. Dan apa mereka males-malesan? nooo, mereka semangat bangeeet buat tetep belajar... Bagi mereka belajar bahasa inggris di hari minggu 2 jam itu wajiiib...

Sampai akhirnya sekarang kami pindah ke tempat salah satu orang indonesia juga di daerah kiarong.. Di tempat ini gak ada Bus Stop dan mereka semua itu gak punya mobil alias kemana-mana naik bis.. dan yang sering aku bilang brunei ini minim transportasi.. tapi apa yang aku dapat, mereka tetep semangat dateng buat belajar..


Saat aku dan temen-temen aku ke kiarong naik mobil, mereka pulang pergi naik bis yang kalau nunggu lama bangeeet dan harus jalan kaki yang lumayaan jauh pake bangeet.. Tapi, mereka semua tetep semangat dateng buat belajar, padahal english class ini cuma 2 jam.. Bagi mereka gak masalah.. Mereka tetep dateng walaupun jauh, lama di jalan dan cuma sebentar..

Disaat mereka sibuk kerja, untuk kirim uang ke keluarga mereka di Indonesia, keinginan mereka untuk belajar dan bisa tetep adaa... Ngeliat semangat mereka yang luar biasa itu otomatis aku ngerasa malu sama diri aku sendiri.. 

Aku yang dapet fasilitas disini untuk belajar, kadang suka ngeluuuh, capeek... Tapi, mereka yang gak dapet fasilitas sedikittpun aku gak pernah denger mereka ngeluuh dan bilang capek.. Aku bener bener belajar banyak dari merekaa..

Dan permasalahannya sekarang adalah susahnya nyari volunteer tim pengajar yang mau gabung sama kita.. Cuma 2 jam, 2 jam yang bagi teman-teman Buruh berarti banget buat belajar bahasa inggris, 2 jam yang sebenarnya bisa kita sisihkan buat sekedar membantu mereka, berbagi ilmu ke teman-teman yang benar-benar butuh dan haus akan ilmu..2 jam yang bisa kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat... Bukannya amalan yang gak pernah habis adalah ilmu yang bermanfaat? 

daaan Aku disini "angkat topi" buat teman-teman buruh yang semangatnya gak pudar, buat teman-teman tim pengajar (para Gank LDR :p ) yang selalu semangat buat ngajar dan nyiapin materi materi setiap minggu... 

Semoga kedepannya banyak teman-teman yang tergerak untuk bergabung jadi volunteer tim pengajar.. yaa, kuliah kita sekarang penting.. tapi, bukan berarti kita tutup mata, tutup telinga dan gak mau membantu orang-orang di sekitar kita kan?.. 

aku kutip salah satu kalimat dari salah satu teman yang ngebuat aku ikutan gabung dengan mereka..
"Put, theory without action is nothing"

2 comments:

  1. keren. salute..salute
    bener banget itu semboyannya.met berjuang ya poe..teman2 yg lain juga.tetap semangat!

    ReplyDelete