Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Bersyukur kuliah di Brunei

Ceritanya minggu lalu sempet liburan ke negara tetangga selama 5 hari.. Karena biasanya kalau liburan ke negara lain, aku selalu paket travel gitu yang segala sesuatu disiapin.. Kali ini diputuskan pergi kesana ala-ala backpacker.. Jadi modal nekat, sok tau, peta turis dan google map aku dan temen-temen menjelajah salah satu kota di negara itu.. Kemana-mana naik public transportation, keluar masuk gang-gang, jalan kaki kemana-mana.. Semuanya diurus sendiri.. sampe pindah-pindah penginapan sampai 3 kali..

Satu hal pas selama disana yang bikin aku sampai sekarang bersyukur adalah keputusan yang tepat waktu lebih milih kuliah di Brunei daripada nerima dan kuliah di negara itu.. Kenapaaa?


Yang pertama adalah rasa aman yang aku rasain selama tinggal di Brunei. Emang Brunei sepiiii, sepi pake bangeet.. Belum kemana-mana susah soalnya sulitnya public transportation dibandingin dengan negara itu yang public transportationnya lebih amat sangat maju.. Boleh dibilang kota yang aku kunjungin mirip kayak daerah tanah abang.. *sorry* berasa waswas kalo lagi jalan.. Dan yang bikin takut karena banyaknya orang india disana.. ini bukan masalah diskriminasi atau gimana yaa... disini juga banyak orang india tapi aku ngerasa biasa aja dan gak takut, tapi orang india yang di negara itu bener-bener menyeraamkaan :( 


Yang kedua adalah di Brunei aku sama sekali gak pernah hirup asap rokok, ataupun ngeliat orang mabuk atau ngalamin waswas saat masuk restoran karena takut makannya halal atau haram.. Selama aku liburan di negara itu, aku bisa liat orang-orang ngerokok, walaupun mereka gak ngerokok di tempat yang dilarang (gak kayak di indonesia, ada larangan merokok di suatu tempat, tetep aja si perokok pura-pura gak tau).. Yang lebih kaget lagi saat ngeliat bule-bule minum bir dan mabuk di restoran-restoran pinggir jalan.. ini nyereemiin... bersyukur Sultan disini melarang penjualan miras.. aku ngeliat kayak gitu miris dan langsung bersyukur gak tinggal di negara itu.. Sedangkan yang masalah restoran, aku dan temen-temen jalan di daerah yang katanya surganya makanan.. Pas kita lewat ternyata hampir 90% disana makanan yang dijual mengandung pork, yang nyebelinnya lagi pelayan disana nawarin kita dan bilang ada yang gak pake pork makanannya.. but, helloooo kan tetep aja wajan dan bla bla-nya sama.

Selain itu yang bikin aku kaget adanya tempat pelac**** disana.. Semacam doli yang kayak di surabaya itu.. aku liat cewe-cewe ditaro di kamar-kamar gitu buat dipilih-pilih... what happens in this country? dan itu terang-terangan.. sampai tempat pijit thailand yang kata temen aku itu tempat pijit ++ juga terang-terangan.. mereka sampai nyuruh cewe-cewe yang berpakaian super minim buat jaga di depan tempat pijat itu.. Aslii aku shoock pake banget ngeliat kayak gituu.. because, it's my first time seeing something like that..

Terus yang aku baru tau, ternyata tempat lotre dan perjudian juga banyak disana, dan itu juga terang-terangan.. Mungkin kalau hal ini ada di negara yang aku tau mayoritas penduduknya bukan beragama muslim mungkin aku gak bakal sekaget inii...

Pas balik ke Brunei ngerasa bersyukuur banget bisa kuliah disini.. Dimana penduduk lokalnya ramah-ramah dan baik bangeet, amaan, no rokok dan yang pasti karena disini udah menggunakan hukum syariah berasa lebih save... Kalau untuk sekedar liburan bolehlah ke negara itu.. tapi kalau harus kuliah dan tinggal cukup lama disana sepertinya harus mikir berulang kali.. 

Alhamdulillah...


13 comments:

  1. saya ada niat untuk ambil beasiswa di Brunei, boleh minta tipsnya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips-nya formulir diisi dengan sebaik-baiknya terutama bagian essay dan persyaratan yang diminta juga harus lengkap jangan sampai ada yang ketinggalan...

      Delete
  2. Asallamualaykum.
    Mba, mohon info kuliah di brunei ?
    Bulan lalu ikut daftar beasiswa. Sepertinya tidak ada panggilan.
    Kalo mau kuliah secara umum bagaimana?
    Putera saya, toflenya hanya 440.
    Kira-kira berapa biaya kuliah disana?
    Mohon infonya via bbm di 52073c94.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengumuman beasiswa yang bulan lalu baru keluar di bulan mei-juni pak.. biaya kuliah tergantung pada universitas dan jurusan yang diambil.. DI Brunei ada 3 universitas.. Universiti Brunei Darussalam (UBD), UNISSA dan Institut Teknologi Brunei.. Silahkan di cek di website tiap universitas mengenai biaya.. Untuk masalah TOEFL, karna saya di UBD, UBD mewajibkan bagi student yang ingin melanjutkan kuliah di UBD memiliki score TOEFL 550...


      Semoga membantu

      Delete
  3. Halo kak saya mau naik kelas 12. Berminat kuliah di ubd. Bisa bagi kontak/emailnya? Mau tanya2 tentang tinggal di sana. Trimakasih

    ReplyDelete
  4. Kak, saya mau tanya persyaratan kuliah disana sama tahapan pengajuan beasiswa dsb.. Boleh minta email atau kontaknya? Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  5. kak, sebenarnya saya kurang ngerti dgn kalimat terakhirnya. Untuk liburan boleh saja, tpi untuk mnetap lama, harus mikir berulang kali, yg kak putri maksud itu di mana sih? Brunei ya? respon..

    ReplyDelete
  6. assalamualaikum Wr.wb

    kak kalau mau kuliah di brunei apa-apa saja yang dilakukan ?
    boleh minta no hp yang bisa di hubungi kak ?

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum kak putri

    Salam kenal

    Saya berminat untuk mendaftar beasiswa brunei, tapi sedikit bingung dengan persyaratannya.
    Bisa kah saya minta email atau no wa kaka ?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Kak, kode yg ada di hal depan form beasiswa mofat liat dimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalaamualaikum warohmatullaahi wabarokaatuh kak putri

      Delete
  9. Maksud negar tetangga itu maksudnya brunei2 juga? Yg serem itu Brunei atau bukan ya kak? Maaf nanya-nanya😭🙏

    ReplyDelete