Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Abode of Peace - Brunei Darussalam

Apa sih yang biasanya kalian tau tentang Brunei Darussalam? Atau banyak yang belum tau negara ini ada dimana? apaa kalian gak tauu ada negara namanya Brunei Darussalam? Hari ini mau ceritain tentang negara Brunei Darussalam dimata seorang student international yang biasa ini.. :p

Kenapa aku bilang kayak gitu, karena setiap orang mempunya pandangan yang berbeda tentang sesuatu, jadi aku ngejelasin tentang negara ini dipandangan aku aja... Ya sapa tau tiba-tiba ada yang komen, kayaknya enggak gitu deh, kayaknya gak gini deh dan bla bla blaa... hehehe..



Brunei darussalam terletak di pulau kalimantan dan merupakan salah satu negara yang masuk ke perhimpunan negara-negara ASEAN. Saat pertama kali mau berangkat kesini, aku tanya ke orang-orang pendapat mereka tentang brunei.. dan sebagian jawaban mereka adalah
  • Brunei itu kan pengahasil minyak put, pasti kaya bangeet laah...
  • Kayaknya brunei itu islami banget deh
  • Kalau brunei itu mah negara aman, gak usah takut kesana 

daan masih banyak lagi..
Kampong Ayer 
Nah setelah hampir 2 tahun tinggal disini pendapat aku mengenai Brunei adalah.....

Yah, fiks!! negara ini emang negara kaya.. Kalau dinilai dari mata uang luar biasa.. 1 BND = 1 dolar Singapore, dan 1 BND = 9400 rupiah.. Malah pernah waktu kenaikan BBM kemarin, 1 BND tembus sampai 9900 rupiah.. Aku pas pulang ke Indonesia berasa kaya banget.. Tapi, pas balik kesini lagi miris.... Bayangin beli minuman kayak Pop ice gtu 1BND berarti 9900 rupiah.. Padahal dengan 4000 rupiah bisa beli pop ice enak di depan SD kebayoran lama ituu.. hiks~~

Kuala Belait
Dulu waktu sampai di brunei, kerjaan aku tiap belanja adalah mengkonversi semua harga ke rupiah, dan hasilnya n.y.e.s.e.k... Yaampun disinii mahaal bangeet... T__T Jadi, setelah 3 bulan tinggal disini, aku stop untuk ngebanding-bandingin harga disini sama di Indonesia.. Pokoknya tiap belanja carilah yang lebih murah...

Selama disini pun, aku paling anti belanja barang-barang kayak baju, sepatu, tas, tudung.. karena mahalnya luar biasa.. Bayangin 1 scarf yang biasa aku beli di Indonesia mungkin sekitar 3-5 BND, disini harganya 20-30 BND.. Mungkin inilah kenapa banyak warga brunei pergi ke miri buat belanja.. Sempet nanya juga sih sama temen-temen orang brunei.. Kata mereka barang-barang disini mahal, jadi biasanya mereka belanja juga di Miri, Malaysia atau Indonesia...

Muara Beach
Mengenai bahasa, yup bahasa nasional mereka adalah bahasa melayu-brunei.. terus sama gak kayak bahasa kita sehari-hari.. jawaban aku, lumayan beda.. Butuh waktu 1 tahun bagi aku untuk mengerti bahasa orang sini, bahkan sampai sekarang aku suka bingung mereka ngomong apa.. Itulah yang ngebuat salah satu senior aku dsini (orang brunei) ngomong ke aku pakai bahasa inggris ke aku.. karena kita suka salah paham.. Permasalahan terbesar adalah banyak yang ngira aku orang Brunei bukan orang Indonesia.. Ini bukan kejadian sekali dua kali tapi sering.. Bahkan vice chancellor UBD juga nyangka aku orang brunei sampe supervisor aku ngejelasin aku dari Indonesia dan beliau gak percaya katanya gak seperti orang Indonesia... T___T

UBD Mosque

Pernah salah satu staff di the core pernah bilang, kalau pertama kali ketemu aku gak percaya aku orang Indonesia, karena tampangnya bukan Indonesia banget.. dan aku cuma bisa ketawa miriis... *buru buru liat kaca, perasaan ini tampang Indonesia banget* dan banyak orang-orang brunei ketemu aku, mereka gak tau aku bukan orang lokal dan langsung ngobrol ma aku pakai bahasa brunei dengan sangat amat cepat.. terus aku cuma bisa bengong dan bilang pakai bahasa inggris "aku bukan orang brunei, bisa ngomongnya pelan-pelan gak biar aku ngerti" hahahaha.. Dan beberapa temen brunei aku kadang-kadang frustasi kalo ngomong bahasa brunei sama aku.. katanya "sakitnya tuh disini" ngomong panjang lebar, tapi aku gak ngerti.. *peace*

Agrotechnical Park
Tapi, yang harus kalian tau, buat para pelajar yang mau kuliah disini.. Bahasa pengantar di semua Universitas di Brunei menggunakan Bahasa Inggris.. Itulah kenapa nilai TOEFL sangat amat penting disini.. Jadi jangan tanya lagi ke aku "Kak, boleh gak kalau gak pake TOEFL".. Seriuus, TOEFL dan kemampuan bahasa inggris disini penting banget.. Gak harus yang luar biasa, yang penting modal percakapan dan ngerti apa yang mereka omongin.. Apalagi program beasiswa brunei, nanti ada interview via skype dan itu pakai bahasa inggris looh.. Dan semua tugas dan laporan juga semua bahasa inggris.. Terus masi nanya "TOEFL itu penting atau enggak di Brunei?"

Brunei juga adalah Negara yang Islami banget... Dimata aku, aku salut sama negara ini... Misalnya Sultan mengganti hari libur Jum'at dan Minggu, bukan Sabtu dan Minggu.. Karena hari Jum'at dilaksanan Shalat Jum'at jadi gak mengganggu.. Ditambah sekarang hukum Syariah diberlakukan oleh Sultan... Kalau aku bilang pengaruh Islam disini kuat banget dan keliatan lebih konservatif dibandingkan Indonesia dan Malaysia.. Contohnya penjualan dan penggunaan alkohol diharamkan.. Terus kalau ada orang non-Muslim bawa alkohol masuk juga dibatasi.. Gak ada kelab malam.. Dan yang baru ini kalau gak salah mengharamkan rokok dan harga rokok juga dibuat mahal banget supaya mengurangi kebiasaan merokok.. Merokok di tempat umum pun dilarang, kena denda walaupun cuma kecium baunya aja...


Kalau untuk destinasi wisatawan.. Hmmhmmhm.. kalau ini tergantung pandangan para wisatawan yaa... Kalau mereka mau cari tempat wisata yang islami, pantai-pantai yang masih alami bisa dateng ke Brunei.. Tapi, kalau kalian tipe wisatawan yang suka pergi buat shopping atau berharap brunei sama seperti ke singapore lebih baik jangan liburan kesini.. Dibandingin Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei itu sepii luar biasa... Buat hiburannya emang kurang banget.. Makanya kebanyakan dari mereka kalau liburan pada pergi ke luar negri.. Jadi kalau kalian tipe yang suka keluar malem, nongkrong-nongkrong pinggir jalan sampe jam 12 malem.. trus tiap weekend ke tempat wisata, sebaiknya jangan tinggal disini.. hehehehe.. karena disini jam 9 pun udah sepii banget jalanan... Tapi, kalau niat kalian belajar, aku amat sangat menyarankan datanglah ke Brunei.. Brunei itu sepi dan tenang, cocok buat belajar.. Apalagi UBD yang jauh dari pusat kota.. Universitas di Brunei juga bagus kok.. Dosennya juga kebanyakan dari luar negri dan lulusan-lulusan universitas ternama di Amerika dan Eropa.. Jadi gak kalah sama universitas-universitas di Indonesia..


Kayaknya segitu dulu cerita aku tentang Brunei.. Lain kali dilanjutin lagi.. hehehhe.. Semoga bisa memberi pandangan tentang Brunei.. :)

6 comments:

  1. Seneng banget stalking blognya kak Putri. Walaupun saya masih baru tau blognya kakak, tapi saya senang luar biasa. Apalagi tau kalo kakak lagi menjelang thesis dan mau nikah juga, duuh rasanya jadi ikutan bahagia :) Terus posting tentang Brunei yah kak Put. Saya lagi berusaha keras supaya bisa jadi mahasiswi master di UBD seperti kakak InsyaALLAH :) dan tetap bermanfaat bagi orang lain yaa kak. Salam dari Medan, Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. Amiin.. makasih yaa.. ditunggu di Brunei :)

      Delete
  2. kak putri,, mw mnta tlng donk,, dlu wktu daftr S2 kan mnenyertakan proposal plan riset,, itu formatnya ky gmn,, trus cara menilai benar/salahny proposal plan riset qt dr mn? aq S1 jurusan bimbingan konseling,, untuk S2nya ada jurusan yg mendukung S1 aq g y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa kayak proposal skripsi.. waaah, kurang tau jugaa liat bener/salahnya darimanaa.. kalau mau liat jurusan s2-nya coba buka di website MOFAT.. disana ada penjelasan jurusan2 apa yg dibuka..

      Delete
    2. Halow putri.? Masih di UBD gak skg? Agustus kemaren sy benchmarking ke brunei. Ke UBD juga.

      Delete
    3. udah gak di brunei lagi. udah balik ke indonesia

      Delete