Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Apa yang harus dibawa saat kalian kuliah di Luar Negri?

Tiba-tiba lagi iseng pengen bahas ini.. hahahha.. Bagi kalian yang berniat kuliah keluar negri, ada beberapa item yang harus kalian bawa dan jangan sampai ketinggalan.. Dan untuk artikel ini, aku bakal fokusin kalau kalian kuliah di Brunei..


So, apa yang harus kalian siapkan?

  • Dokumen Penting
Hal yang paling penting dibawa adalah dokumen-dokumen ini, seperti ijasah, TOEFL, akte kelahiran.. Terus kalau bisa kalian siapin fotocopy-nya.. Jangan lupa passport dibawa dan juga sediain foto yang udah kalian cetak beberapa ukuran.. Selain itu ada baiknya kalian juga men-scan dokumen-dokumen itu juga.. Jadi kalian punya simpenan softcopy-nya..

  • Pakaian
Nah ini udah pasti banget harus dibawa.. Tapi sebelum berangkat, kalian harus cek dulu bagaimana cuaca disana, atau bagaimana culture di negara tujuan.. Contoh disini karena negara Islam pakaian harus sopan, dan karena cuaca yang panas sebaiknya bawa baju-baju yang menyerap keringat.. Kalau kalian kuliah di UNISSA (salah satu universitas di Brunei), setiap ke kampus kalian harus pakai jubah (baju gamis), beda dengan kampus aku di UBD, yang gak mengharuskan para mahasiswi pakai jubah, yang penting sopan.. Jadi seenggaknya kalian harus cari tau duluu bagaimana situasi di negara dan kampus tujuan.. Trus juga kalau disini, aku saranin juga mending jangan beli pakaian disini.. hehehe.. Soalnya harga pakaian disini relatif mahal dan disini juga gak ada toko secondhand gitu.. Misalnya harga Shawl aja sekitar 10-15 BND (Rp 90.000 - 140,000) coba kalau kita beli di Indonesia bisa dapet serauk di Tamrin City.. Hahaha..


  • Makanan
Maksud makanan disini adalah makanan-makanan instan yang gak bisa didapetin di negara tempat tujuan.. Misalnya disini, bagi kalian penyuka makanan pedas dan sambel, pasti bakal kesulitan.. Soalnya disini jarang makanan pedas dan sekalinya pedas juga kurang mantep (kata temen-temen aku sih begitu) jadi kebnayakan mereka bawa sambel sachet-an atau botolan.. Kalau yang kemarin aku bawa dari Indonesia itu kayak penyedap masakan, sop instan, mie keriting instan, abon dll..

  • Obat-obatan
Bawa obat-obatan yang kamu perlukan dan biasa kamu pakai saat kamu di Indonesia. Misalnya obat maag, obat nyeri haid, betadine, plester, obat tetes mata.. Atau juga bawa obat yang harus kamu konsumsi.. Terus juga bagi pengguna kacamat, coba di cek dulu kamu perlu ganti kacamata atau nggak.. kalau pengguna softlens bawa cadangan softlens kalian.. Karna aku pengguna softlens dan agak susah mencari softlens disini, jadi biasanya aku selalu bawa persediaan softlens ke sini..

  • Buku-buku
Bawa beberapa buku berbahasa Indonesia yang menunjang kamu dalam memahami mata kuliah di jurusan kalian.. Karena disini mereka memakai buku bahasa inggris semua.. Terus juga peralatan tulis seperlunya.. Kalau kalian bermasalah dengan bahasa inggris, kalian bisa bawa kamus elektronik seperti alfalink, buat jaga-jaga aja..

  • Peralatan Makan
Seenggaknya kalian harus menyiapkan satu piring, satu sendok-garpu dan satu gelas.. Karena kalian belum tau sampai sana di tempat kalian tinggal dikasih peralatan ini atau nggak.. Jadi kalian harus siap sedia..

  • Rice Cooker
Waktu pertama kali kesini, aku nyesel banget gak bawa ini.. Sampai sini aku harus mengeluarkan kocek agak dalam buat beli ini (untungnya sih patungan).. Karena kita, orang Indonesia yang kalau belum makan "nasi" belum makan, jadi rice cooker itu penting banget.. Dengan rice cooker kita juga bisa menghemat pengeluaran.. Misalnya kalau kalian males masak, kalian bisa beli lauk di luar dan udah masak nasi.. Itu sedikit menghemat...


  • Peniti
Sepele bangeet siiih.. Tapi, ini juga bagian yang penting bagi kalian pengguna jilbab.. Coba kalau peniti kalian ilang bagaimana nanti kalian pakai jilbab :D terus juga jarum pentul, bros-bros.. Pokoknya yang biasa kalian pakai kalau menggunakan jilbab..

  • Barang elektronik
Jangan lupa peralatan elektronik kalian, laptop, setrikaan.. dan jangan lupa cek ukuran voltage di megara itu, jangan sampai alat elektronik kalian rusak.. Selain itu cek "colokan" yang dipakai di negara itu.. Contohnya di Brunei colokan yang dipakai adalah colokan 3... Berbeda dengan di Indonesia..


  • Tukar mata uang
Jangan lupa tukar mata uang rupiah kamu dengan mata uang negara tujuan dan kalau bisa bawa nominal-nominal kecil jadi lebih mempermudahkan kalian


  • Cinderamata
Ketika kalian sampai di negara tujuan, tentunya akan ketemu orang-orang baru dan dari negara yang berbeda-beda.. Sebagai tanda pengenalan, kalian bisa siapkan oleh-oleh dari Indonesia, misalnya gantungan kunci, pulpen, tempelan kulkas...

7 comments:

  1. Blognya sangat membantu kak dalam mengenalkan kedaan di Brunei, saya jadi berminat utk ngambil Master di UBD :)

    ReplyDelete
  2. Menarik sekali. Terutama hal sekecil peniti :) hihi salam kenal kak. Saya berminat mengambil master di ubd. Saat ini saya menempuh pendidikan s1 ilmu komunikasi, Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik. Kl boleh saya bertanya, sepengetahuan saya ada fakultas seni dan ilmu sosial di ubd, apa sajakah jurusan yang ada di fakultas tsb? Sebab saya mencari infonya di web resmi ubd, namun tidak ada. Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya FASS kah? Faculty of Art and Social Science? Di web UBD ada kok.. Coba di cek lagi :)

      Delete
  3. Ka..boleh minta alamat email nya?
    Saya mau tanya seputar kuliah di brunei

    ReplyDelete