Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Untuk para pemburu beasiswa, Kalian BISA!

Hal yang sering aku denger saat membantu teman-teman dan memberi penjelasan tentang beasiswa di brunei selalu pada tanya "Kak, aku bisa gak ya lolos beasiswa?" "kak, aku cuma dari daerah emang bisa lolos?"..

Mulai sekarang ubah yuk pola pikiran kalian, kalian harus menanam di otak kalian kalau kalian "Bisa atau Harus Bisa" dua pilihaan yang bisa menambah semangat kalian.

Banyak yang sering bilang sama aku, "kakak pasti pinter" "kuliah dimana kak dulu S1 nya sampai bisa lolos beasiswa" daaaan masih banyak lagi. Sejujurnya aku pun gak merasa kalau pintar, cuma Alhamdulillah aku dikasih kesempatan sama Allah untuk merasakan kuliah di Brunei. Disini aku mau cerita bagaimana perjalanan aku bisa sampai kuliah di Brunei. Kalau kalian mikir aku sekolah di sekolah unggulaan jadi bisa lolos, sejujurnya gak sama sekaliii...

So, kalau mau cerita soal pengalaman, berawal dari aku sekolah SD, aku bukan sekolah di sekolah negeri kebanyakan orang. Aku sekolah di sekolah swasta di MI. Waktu jaman SD banyak yg bilang sama aku, kalau dari MI susah dapet SMP negeri. Apalagi dulu MI aku tuh biasa ajaa, gak famous banget kayak Al-Azhar.. hehehe.. Tapi, aku yakin aku bisa kok sekolah di SMP Negeri. Aku taruh mimpi aku, tujuan aku, kalau aku harus sekolah di SMP Negeri dan mematahkan omongan orang-orang, Dan akhirnya Aku bisa masuk ke SMP N 19 Jakarta (dulu ini sekolah favorite banget pada masanya.. hihi)

Sampai masuk SMP, Alhamdulillah aku dikasih kesempatan lagi sama Allah, aku bisa ngerasain sekolah SMP cuma 2 tahun. Udah kebayang-bayang kalau nanti aku sekolah di SMA Negeri kayak SMA 70 atau SMA 6 yang favorite bangeeet ituu.. Tapi, sayangnya kali ini Allah gak menjawab permintaan aku. Saat teman-teman satu kelas aku sekolah di SMA Favorite, aku justru sekolah di SMA Swasta, gak SMA favorite sih, tapi kalau orang bilang SMA buangan karna orang-orang gak masuk SMA Negeri... hehehe..

Akhirnya aku sekolah di SMA Hang Tuah 1 (ada yang tau? hihihi) sempet minder sama temen-temen SMP dulu karna aku cuma sekolah di SMA swasta. Papa aku sempet nyaranin kalau aku mau pindah, gak pa pa, pindah aja pas kelas 1 semester 2 (kebetulan aku dapat tawaran pindah ke SMA 70). Nah disini aku mikir aku pindah atau nggak, satu sisi aku iri dan minder sama temen-temen yang sekolah di SMA Negeri. Tapi, satu sisi aku yakin kenapa Allah ngebelokkin aku ke sekolah ini pasti ada maksud dan tujuan.

Dan akhirnyaa, pas pengambilan raport semester 1, wali kelas aku bilang kalau aku dapet Beasiswa, jadi gak usah Bayar SPP selama satu semester. Mungkin ini petunjuk dari Allah. Aku bilang sama Papa aku, aku gak usah pindah. Daripada ngeluarin uang lagi mending tetep di SMA ini lumayan gak bayar SPP.. hihihi.. Dan akhirnya aku pun bisa gak bayar SPP selama di SMA.. Alhamdulillah Allah maha baik.. :)

Lulus SMA, aku berandai-andai lagi bisa kuliah di UI (kayaknya keren aja gitu kalau ditanya kuliah dimana? di UI dooong) atau aku bisa kuliah di daerah kayak ITB dan UGM. But, aku terpentok izin. Orang tua gak menginginkan aku kuliah sambil nge-kos. Yaudah aku pikir, Ridho orang tua, Ridho-nya Allah, jadi aku percaya kalau orang tua izinin, InshaAllah perjalanannya lancar. Daan aku pun akhirnya kuliah di UAI (gak jauh beda sama UI, cuma ada nyempil huruf A).. hihihi..

Lagi-lagi aku mengalami masa-masa minder dimana temen-temen aku banyak yang kuliah di UI, ITB, UGM, UNPAD dan lain-lain. Tapi, aku yakinin diri kalau ini yang terbaik. Karna kadang kala yang kita anggap terbaik belum tentu baik, tapi kalau Allah sudah pilihkan yang terbaik, inshaAllah pasti baik bangeet buat kita.. :)

Setelah lulus kuliah S1, aku pun buat mimpi lagi. Aku mau kuliah di luar negeri dimana aja, bagaimanapun caranya tapi harus beasiswa. Alhamdulillah aku lolos Beasiswa Brunei.. Terus mungkin sifatnya manusia yang gak penah puas, aku minder lagi sama temen-temen yang bisa kuliah di jepang, jerman, amerika dan lain-lain.. Tapi, setelah aku jalanin aku akhirnya tau Allah menempatkan aku bisa kuliah di Brunei supaya aku mudah bolak-balik Jakarta-Brunei. Gak kebayang kalau aku kuliah di jepang atau jerman, yang kemungkinan pulang setiap setahun sekali. Selama di Brunei aku bisa pulang setiap 4 bulan sekali selama 2 minggu. Tuuuh kan, Allah tau banget yang terbaik untuk umatnya.. :)

Di UAI pun akhirnya aku menemukan suami aku sekarang (ciiiiieeee), tuuh kurang baik apa Allah sama kita, dikasih jodoh lagii... :)

Aku cerita kayak gini bukan mau pamer (hiks) cuma buat nunjukkin kalau aku juga pernah keinginan aku tercapai, pernah juga terjatuh (asiiik bahasanya), pernah juga kecewaa, semua ituu wajar bangeet, namanya hidup, kayak roda, kadang di atas, kadang di bawah

Jadi buat kalian sesungguhnya mau kalian sekolah/kuliah di swasta atau di negeri gak akan menjamin kalian bisa sukses, semua tergantung bagaimana pribadi setiap orang, mencari pendidikan dimana aja sama aja, asal kalian mau mengambil sisi positifnya dan mau fokus sama apa yang kalian terima sekarang..

Terus kalian juga jangan minder karna dari daerah, tauu gak aku punya 2 orang temen dari daerah banggeeet, yang kalau kerumahnya ituu sampai ke pelosok yang mandipun di kali.. Tapi, kenyataannya apa mereka sekarang bisa S2 di Taiwan dan yang satu lagi di Jerman. See? Semua berawal dari mimpi mereka, dan pikiran positif kalau mereka BISA!

Jadi buat kalian yang masih galau, sedih, kecewa belum lolos beasiswa, atau minder, gak PD dengan kemampuan kalian, yakinlah kalau kalian udah bermimpi dan berusaha pasti kalian bisa mewujudkan mimpi kalian.

Tapi, kalau seandainya gak terwujud juga gimana? Yakinlah Rencana Allah itu Indah.  Yang penting saat ini minta doa sama orang tua, terus berdoa dan meminta juga sama Allah, tetep usaha dan ikhlas dengan jawaban dari doa kita...

Tetap semangat teman-teman para pemburu beasiswa, Kalian BISA!!!


nb : btw, VLOG-nya part 3 yang pada nanyain terus dari kemarin, maaaf yaa aku belom sempeeet buat video lagii.. InshaAllah secepatnya..

3 comments:

  1. Assalamu'alaikum, Mba Putri.
    Sebelumnya perkenalkan, nama saya Nunung, usia 47 thn. Ibu dari 2 orang putri dan 1 org Putra. saya tinggal di Medan.
    Saya ketemu blog Mba Putri sewaktu lagi googling mau cari info ttg beasiswa di Brunai Darussalam. Bukan untuk saya sich..tapi buat anak saya yg sekarang masih kelas 3 SMA (dia mondok di pesantren di Medan). dia terobsesi sekali pengen bias kuliah di Brunai. tapi katanya ada salah seorang ustadz nya yg cerita bahwasanya untuk bisa dapat beasiswa di Brunai harus punya kenalan/sponsor yang warga Negara Brunai.. apakah benar demikian??
    Kemudian ada juga beberapa teman yg bilang kalau beasiswa lebih banyak untuk jenjang S2 sedangkan S1 sangat susah mendapatkannya.
    Dimana yaa, mba..saya bisa dapat info-2 ini?
    Terima kasih sebelumnya.
    Wassalam,
    Nunung

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  3. Assalamualaikum kak, salam kenal. Saya Tresna dari Universitas Pendidikan Indonesia.
    Kak, saya mau nanya... Kalau syarat toefl untuk apply ke UBD itu boleh pakai Toefl ITP dengan Paper based test ga kak?
    Klau boleh tau, dulu kak putri pakai test toefl di lembaga mana juga ITP yg internet based test atau paper based test? Terimakasih kak...

    ReplyDelete