Quote

"Even if my path is rough, I shall walk it with a smile"

Shalat Tarawih di Brunei

Sebelum aku bahas perbedaan shalat tarawih di Brunei dan di Indonesia aku mau ucapin..

Happy Ramadhan Kareem everyone and
Happy Fasting




Nah, sekarang gak perlu di bahas gimana shalat tarawih di Indonesia.. Aku cuma mau bahas shalat tarawih di brunei beberapa keunikan yang gak aku dapetin di Indonesia..


Mungkin kalau di Indonesia kita terbiasa shalat tarawih 8 rakaat dengan 3 rakaat witir, dan mungkin ada beberapa tempat yang menjalankan tarawih lebih dari itu.. Di Brueni shalat tarawih 20 rakaat ditambah 3 rakaat witir.. Mungkin kalau yang biasa shalat segini biasa aja, atau nanya apa yang unik? karena aku baru ngalamin dan ngeliat kayak gini pertama kali jadi aku bilang unik..

Dimulai dari Shalat Isya berjamaah sekitar jam 8 malam.. Selesai shalat Isya biasanya kalau di Indonesia ada edisi ceramah sebelum shalat tarawih.. Aku inget banget tuuh kalau jaman masih kecil catetin ceramah buat dikumpulin ke guru.. Kalau disini selesai Shalat Isya langsung Shalat Tarawih.. Sebelum aku Shalat Tarawih sempet tanya-tanya sama orang berapa rakaat mereka jalanin, katanya 20 rakaat dan dijalanin setiap 2 rakaat.. 

Selesai 8 rakaat dan mau mulai ke 2 rakaat selanjutnya banyak orang-orang yang bangun dan pergi, ada juga yang sebagian duduk di pinggiran mesjid.. Aku cuma bengong ngeliatin mereka, karna yang aku tau 20 rakaat tapi kok udah bubar... Eh, ternyata belum bubar.. Jadi disini mereka bebas memilih mau 8 rakaat atau 20 rakaat..Kalau aku tarik kesimpulan disini ada 3 pilihan, ada yang Shalat Tarawih 8 rakaat setelah itu mereka pulang, yang kedua ada yang Shalat Tarawih 20 rakaat ditambah Shalat Witir 3 Rakaat dan yang terakhir ada yang Shalat Tarawih 8 rakaat, mereka duduk di pinggir mesjid dan setelah Imam masuk Shalat Witir mereka gabung lagi ikut Witir..

Yang unik lagi tentang Imam disini.. Kalau di Indonesia biasanya paling banyak 2 Imam.. Untuk yang Shalat Isya dan Shalat Tarawih.. atau kadang-kadang Imam Shalat Isya dan Tarawih sama.. Kalau disini paling banyak ada 4 Imam.. Untuk Shalat Isya, 10 rakaat Shalat Tarawih pertama, 10 rakaat Shalat Tarawih kedua dan untuk Shalat Witir..

Walaupun jumlah rakaat Shalat Tarawih cukup banyak tetapi ini juga gak terlalu lama.. Misalnya waktu shalat di Indonesia aku berangkat tarawih sekitar jam 7 dan selesai sekitar jam 9.. Kalau disini aku berangkat tarawih sekitar jam 8 kurang 15 dan selesai sekitar jam 9 lewat 15..

Karena aku tinggal di the core ubd, jadi aku cuma bisa ngerasain Shalat Tarawih di Mesjid UBD.. Kondisi Mesjid UBD nyaman banget, jadi ketika kita ngejalanin ibadah juga enak... 

3 comments:

  1. saya suka cerita anda secara obyektif, itulah indah dan damainya islam

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. terimakasih banyak mau berbagi pengalaman mengenai Shalat Tarawih di brunei, menambah wawasan.

    ReplyDelete